Membuka Rekening Deutsche Bank

Halo halo, saya penulis pembuka tadi (Iris), masi org yg sama, mungkin kalian kesel bacanya, gpp lah ya, yg penting infonya bukan emosinya.

Oke mari kita mulai..

1. Membuka Rekening di Deutsche Bank

Ini cerita saya aja waktu ngurus2 pembukaan rekening Deutsche Bank. Ceritanya panjang, tp uda saya pendekin. Waktu itu saya masi duduk di kelas A1/start deutsch 1. Punya temen, Karen namanya, dy uda duluan buka rekening jadi saya ikutin cara dia. Gini,

Pertama2 bikin email yg isinya informasi tentang 

- siapa kalian,

- mau apa kalian di Jerman,

- tujuan kirim email ini untuk apa,

- brp umur kalian,

- minta formulir untuk membuka rekening di deutsche bank dengan sangat sopan.

Ini penting, umur jangan sampe salah ya, karena beda umur nanti beda formulir. Email tentu aja di tulis minimal dalam bahasa Inggris, klo uda jago bahasa jermannya boleh. Format penulisan ikutin tulisan yg saya tebelin ya, maap saya ga ngasi contohnya, bikin pake kreativitas masing2 aja. jangan sampe lupa salam pembuka dan salam penutup dan ucapan terima kasihnya yang halus dan lembut, karena bisa jadi org yang nerima email itu uda tua, biar sopan aja. oke,

Terus email itu kalian kirim deh ke db.student@db.com dengan subject emailnya diisi dengan “student account opening”.

Nah setelah di kirim, sering-sering deh tuh cek emailnya.

Waktu itu saya kirim emailnya tanggal 21 september 2011, trus tanggal 26 september 2011 juga, uda di bales hehehe. Di balesannya, nanti pihak deutsche bank bakal ngelampirin formulir aplikasi untuk dikirim ke deutsche bank yang di Hamburg-nya langsung. Alamatnya nanti ada di balesan email dari mereka, ato di lampiran dari mereka juga nyantumin alamat mereka.

oke ya?

Sekarang print, pilih yg berbahasa Jerman aja, lebih lengkap pertanyaannya, coba bandingin aja ama yg bahasa Inggris. Mudah2an ama mereka belum di benerin yang bahasa Inggrisnya, jadi biar saya keliatan benar dan jago di depan kalian hehehe… waktu ngisi, kalo percaya diri kalian tinggi, sambil buka kamus aja kalo ga ngerti pertanyaannya, tp kalo percaya diri rendah, jangan dong!! harus tinggi. hehehe, tanya aja ama pengajar ato yg kalian anggap jago berbahasa jerman. udah diisi?? kalo uda cek lagi, datanya uda bener belom, diulang diulang diulang sampe yakin kalo datanya ga ada yang salah.

Nah kalo udah, taro aja tuh formulir, inget ya, jangan ditanda tangan dulu.

Oke, sekarang kalian uda siap secara finansial utk bikin rekening di deutsche bank,klo belom, siapin dulu.

Trus fotokopi paspor kalian (yang ada foto kalian, sama yg ada tanda tangan org imigrasinya) 1 kali aja cukup, tp jgn lupa dibawa paspor aslinya waktu mau ke kedutaan.

Nah sekarang pegilah kalian ke kedubes Jerman di Jakarta (saya gtw deh apa mereka buka cabang di bali ato engga). oiya, untuk pengajuan rekening DB (deutsche bank), kalian ga perlu bikin janji dulu, ga kaya pengajuan visa, kalian boleh langsung dateng aja.

Nanti kalo ditanya satpam bilang mau bikin rekening DB ato mau ke bagian konsuler. Tapi tetep sambil di cek website kedutaan jermannya, takutnya ada perubahan peraturan. nih alamat webnya www.jakarta.diplo.de

Oke, sekarang kalian uda di ruangan konsuler lantai 1, samping tangga. Enak ya adem, ga kaya di luar. Saran saya datangnya jgn siang2, nanti keburu ada antrian, dan kalo ngantri ga ada peneduhnya, alias dijemur matahari, makan deh tuh. Pas masuk jangan lupa ambil nomor urutnya ya. ada 3 tombol, lupa yg mana buat urusan macemnya buka rekening itu. Dibaca2 aja.

oke tar kalian dipanggil, kasiin aja formulir yg uda diisi tadi, fotokopi paspornya 1 lembar, sama paspor aslinya. Nanti kalo mereka uda beres ngecek2 dan ngecap2, kalian disuru tanda tangan deh sama bayar sekitar 20 Euro. Bayarnya dalam rupiah ya, kmrn sih saya kenanya 260rb rupiah. kalo udah, kalian bole keluar. Kembali ke panasnya jakarta (kalo lagi panas).

Nah, sekarang, si formulir yg uda di cap dan ditanda tangan itu harus dikirim ke DB di Hamburg, Jerman. Mending langsung aja kirim di jkt, jangan ditunda2 lagi, di deket kedubes Jerman ada tuh kantor pos. Sekitar 500 meter lah dari kedubes, kalo lebih ya maap saya ga ngukur waktu itu. Pokonya kalian jalan ke arah halte busway.

Begitu keluar pintu kedubes, tengok kiri, tar keliatan ada halte busway itu namanya halte busway Tosari. Cuma busway koridor 1 aja yg lewat situ. Oke sekarang kalian jalan ke arah sana. Tp ati2 jgn kelewat ya, sambil jalan, nanti di depan kalian ada plang oren2 tulisannya kantor pos indonesia. ada panahnya juga yaitu ke sebelah kiri kalian. Ke arah jalan yang agak kecil, ada warung2 tenda pinggir jalan, trus banyak taksi2 parkir. Nama jalannya lupa. Nah jalan aja terus ikutin jalan itu, tar ada kantor pos kecil di sebelah kiri kalian.

Oke masuk deh tuh ke kantor pos, langsung ke konter yg di ujung. bilang mau kirim dokumen ke luar yg paling cepet dan aman. Nama programnya apa ya saya lupa. Tar dokumen kalian di timbang, dari situ baru tar keluar harganya, harga ga tentu ya, kayanya tergantung kurs rupiahnya juga. kmrn saya kenanya 240rb. Jadi hari itu saya uda abis 500rb dan perut masi laper, padahal uda ngeluarin uang sebanyak itu. Tp mungkin bisa aja ngirim pake paket yg biasa, cuma ya gtw juga nyampenya brp lama. Oh iya jgn sampe salah ya nulis alamatnya. Alamatnya ada pada formulir kok, tinggal nyontek aja. Kalo udah dikirim, selesai deh satu tugas kalian.

Tinggal tunggu konfirmasi kalo rekening kalian uda di buka. Nah ini tergantung nasib, ada yg 3 minggu ada yg 2 minggu baru keluar konfirmasinya, tergantung secepet apa dokumennya nyampe, abis nyampe aja DB butuh waktu sekitar 10 hari buat ngebukain rekening kalian, jadi sabar aja. Waktu itu gw 2 minggu uda dikirim konfirmasi dari DB nya. Isi emailnya yaitu kode cabang rekening kita (branchnumber), nomor rekening kita (accountnumber), kode bank (bankcode), IBAN, bank id code, yang dua terahir yg saya tebelin ini sampe skrg masi blm ngerti. Kayanya banyak bgt ya identitas rekening kita. Saya masi di Indonesia soalnya, tar kalo uda di Jerman juga tau sendiri buat apa. kalo uda tau baru nanti saya posting lagi di sini. tp yg saya tau, semua kode tadi harus dicatet waktu mau transfer uang, misalnya waktu saya masukin uang jaminan sebesar 8040 euro ke rekening saya itu.

2. Uang Jaminan Untuk  1 Tahun di Jerman

Nah nanti kalo uda ada konfirmasi, kalian boleh nunggu dulu untuk masukin uang jaminannya, saya sih waktu itu nunggu kurs euronya agak jinak dulu. Yang penting waktu pengajuan visa, bukti bahwa di rekening kalian udah ada isinya harus dibawa. Pokonya kalian itung2 waktunya, karena ngirim uang itu juga butuh waktu, ga langsung nyampe. Waktu itu saya tiga hari. Dari uang sampe disana, pihak DB juga bakal konfirmasi lagi bahwa di rekening kalian uda ada uang dengan jumlah segini. Oya ada biaya administrasi lo 50 euro terus ada potongan transfer juga 10 euro. Jadi lebih baik waktu ngirim jangan di pas-in jumlah uangnya, waktu itu saya ngirim sebesar 8100 euro. Transfer duitnya boleh lewat money changer atau bank. 

Nah terus masi soal uang jaminan nih, jumlahnya ga selalu segitu ya, karna kaya yg kita tau, nilai barang pasti mengalami inflasi, cuma emas yang nilainya stabil. Nah karna adanya inflasi, maka kebutuhan untuk hidup sehari2 pun jadi bertambah. Pemerintah Jerman uda ngitungin, jumlah pengeluaran kalian selama sebulan di sana itu sekitar 670 euro, jadi untuk satu tahun harus ada 8040 euro. Dan tiap tahun harus ada segitu. Ada juga yang ngakalinnya dengan cara magang. Biar si uang jaminan itu ga abis. yah soal magang nanti ada postingannya sendiri.

Oke segitu aja dan makasi. Wasalam, selamat pagi siang sore malam.

catetan :

buat domisili Bandung, kalian bisa naek travel xtrans ato cipaganti yg ke Blora. itu uda deket bgt sama kedubes, tinggal jalan sekitar 300 meter, sekali lagi kalo salah maap ya, saya ga ngukur. Buat yg bawa mobil sendiri, di kedubes ga nyediain parkiran mobil, parkir mobil nyari lagi di belakang gedung kedubes. Trus ditambah jam 7 sampe jam 10 pagi daerah situ ada peraturan 3 in 1. Jadi emg aga repot klo bawa mobil pribadi. Apalagi yg bawa mobil dan dari Bandung, jalannya harus muter2 lewat Tebet trus muter2 lagi lah, ribet. Jadi tidak disarankan untuk bawa mobil kecuali yang tau jalan, tau tempat parkir, dan tau bakal dateng dan yakin ga akan kena jam 3 in 1.

Buat yg dari bandung lagi nih, ato yg dari timur Jakarta, sebaiknya brgkt sangat nyubuh, misal jam 4, karna tol dalem kota sangat ga bisa diprediksi macetnya. Waktu itu saya pernah dari Kerawang Timur jam stgh 8. sampe Blok M, Terminal Blok M, jam 11, lewat tol dalem kota. Mantapss.

catetan 2 :

Bawa barang seperlunya aja waktu ke kedubes, karena diperiksa ini itu, ini yg bikin lama dan jadilah antrian. Barang elektronik biasanya dimatikan dan diamankan sama satpam, ga bole di bawa masuk.

apa lagi ya, uda kayanya segitu aja. Sekali lagi makasi buat yg uda luangin waktu baca tulisan saya.

sukses semua.

About these ads

111 responses to “Membuka Rekening Deutsche Bank

  1. Selamat malam ka.
    maaf ka menanggu .. saya ada 2 pertanyaan nih …

    1.Ka saya sudah buat account buat DB, tapi ortu saya blm mau dulu kirim 8000 Euro itu.
    Kira2 tenggangnya berapa lama ya kalo blm di transfer yang 8000 itu ?

    2.Kan saya mau buat Visa secepatnya setelah uang 8000 di transfer, tp saya masih Goethe sampai Desember, jadi saya berangkat kira2 Januari. kalo bikin Visanya jadinya Oktober tp saya gk berangkat2 sampai Januari Visa nya gk angus kan?
    Visa ke German tenggangnya berapa lama ya ka setelah jadi?

    mohon pencerahanya ya

    Like

    • 1. kayaknya belum ada tenggang persyaratannya deh tapi untuk lebih pasti bisa kontak langsung deutsche bank nya. cmiiw
      2. Visa kan ada masa berlaku nya.. tergantung visa apa..
      visa turis misal sebulan, visa Sprachkurs tergantung durasi nya. usw.

      Like

  2. ..halo, berhubung ini masalah pembukaan rekening bank, maaf nanya, emang ga bisa ya langsung ke Deutsche Bank nya terus buka disana (ga usa lewat email dll?, ga bisa ya buka rekeningnya seperti kalo buka rekening di BCA ato di bank biasa gitu?

    Like

  3. Hi salam kenal semua,
    saya eva saya rencana mau melakukan study bachelor saya ke jerman. saya sudah mendapatkan Goethe zertifikat Deutsch 2 (A2) di goethe jakarta. rencana nya saya mau buat B1 di jerman. saya sudah dapat undangan dari Goethe Frankfurt am Main dan zulassung untuk WS 2013/2014.
    yang mau aku tanyakan,
    pada saat wawancara visa di kedubes yang ditanyakan pa saja ya kira2?
    *soalnya saya orangnya grogi an banget* =p
    apakah visa preparation study itu bentuknya langsung 1 tahun atau berupa visa bahasa yang nantinya bisa diubah menjadi visa study?

    ich danke Ihnen fuer die Antwort im Voraus

    Like

    • Halo Eva,

      1.daftar pertanyaannya yang kamu butuhin ada disini
      http://jermandes.wordpress.com/2012/09/18/daftar-pertanyaan-di-form-fragebogen-fur-studienbewerber/

      ada 2 kemungkinan waktu pengisiannya (sepertinya ya, berdasarkan pengalaman saya waktu seharian sibuk di kedutaan), langsung diinterview oleh petugas kedutaan (dengan bahasa Indonesia) atau kamu disuru isi sendiri.
      Kayanya tergantung sama sertifikat bahasa yang kamu gunakan untuk apply visa. Semakin tinggi, semakin disuru isi sendiri.

      2. visa preparation study bisa berlaku 1 tahun, 2 tahun sekaligus, bahkan bisa juga hanya 3 bulan. Saya kurang paham gara-gara apa, ada yang bilang tergantung jumlah uang di rekening DB nya, ada yang bilang lama kontrak dengan sekolah bahasanya. Tapi sebenernya ga masalah kalo visanya cuma berlaku 3 bulan sekalipun, karena bisa diperpanjang lagi. Hanya butuh energi lebih. Masalah harga saya rasa beda dengan yang visanya langsung dapet 2 tahun. Jenis visa ini bisa diganti nanti ketika sudah dapat zulassung dari universitas, menjadi visa study.

      Begitu Eva, semoga manfaat

      Like

      • Halo
        Permisi kk2 semua.
        Saya umar yang dulu hehe
        Oiya ka tolong kasih pencerahan ya, jadi seminggu yang lalu paman saya kejerman dan sekalian dia ngebuatin account DB buat saya tapi atas nama beliau. Dan ada surat kuasanya gitu kalo uang yg di account itu punya saya. Jadi sesampainya saya ke jerman baru saya aktifin.
        Nah kaya gitu bisa gak ya ka buat bikin visa dikedutaan? Apa bakal ketolak ya sama pihak kedutaan Jerman?

        Like

        • Halo Umar,

          baiknya kamu coba dulu deh, dari urutan prosedurnya sangat beda dengan apa yang udah kita (biasanya) lakukan buat bikin student account di DB. Tapi dari hasil akhirnya sepertinya sama2 aja. Jangan dicoba langsung apply visanya, coba dateng ke konsulatnya dulu, nanti kamu tanya-tanya dulu disana. Dateng ke konsulat ga perlu make appointment, cukup bilang sama security nya saya mau ke konsulat. goodluck!

          Like

  4. Hallo tim Jermandes yang baik hatinya :)
    Kalo saya transfer uang yang 8040 Euro itu lewat Rekening DB saudara saya yang ada di Jerman bisa kan ya?
    Jadi, dari Rekening DB dia di transfer ke Rekening DB saya.
    Maksud saya biar gk kebanting banget, soalnya kurs disini lagi ganas.
    Terimakasih.

    Like

    • Halo umar..

      Saya belum pernah nyobain sih yah sebenernya.. Tapi secara teori sih bisa.. Asal kamu lampirkan juga keterangan bahwa itu untuk digunakan di blocked account kamu.. :D

      Like

      • Saya kan sudah punya blocked account, kalo di transfer uangnya dari bank manapun pasti uangnya ke Block kan?
        Berarti gk usah nglampirin surat keterangan kali ya ka?

        Like

        • halo umar..

          Harusnya sih begitu, asal waktu kamu mengirimkan uang tersebut ke DBnya kamu bilang bahwa uang tersebut akan digunakan untuk blocked account kamu.. :D Btw surat keterangan apa yah yang kamu maksud?

          Like

  5. kak, saya sudah bikin akun DB, tetapi sewaktu notificationnya masuk ke email saya dan saya buka file pdf.nya, ternyata tahun lahir saya salah. padahal saya menlis di formulir sudah saya cek berkali-kali dan benar. apa langkah yg harus saya lakukan untuk ini kak?

    Like

    • Halo shintadna..´

      Mungkin itu kesalahan dari orang yang waktu itu merekap data kamu.. Kalau saran saya, ada baiknya kamu kontak mereka, dan katakan kalau tanggal lahir kamu salah..

      Semoga semua dilancarkan.. :)

      Like

  6. Numpang nanya nih buat yang uda pernah buat, itu harus ke konsulernya pagi ya? kalo siang bisa ga? saya cek di website nya katanya untuk bagian konsuler cuma buka untuk keperluan umum sampe jam 11.30 doang. Apa ada yang pernah urus lewat dari jam 12 an?
    Makasih infonya…

    Like

    • wah harus persis seperti jam yang tertera. lewat jam segitu gerbang ditutup.. kecuali dengan termin….

      Like

  7. Makasih mas Indra, udah tadi saya ijin aja dari Goethe, langsung ke kedubes jam 8 pagi, ga ada orang, nunggu sejem, uda selesai urusin Deutsche Bank nya, tinggal tunggu aja sekarang.

    Danke Mas.

    Like

  8. Hallo semuanya.. mau tanya dong, mgkn yg dijerman udah ada yg pernah berpengalaman ngurus visa istri dalam rangka Familienzusammenführung..
    saya student s1 di jerman..(bukan DAAD-student loh ya :p) trus rencananya mau bawa istri ke jerman utk menemani slama saya studi disini (berarti pengajuan visa istri bukan utk studi,tapi wie gesagt familienzusammenführung :D)
    pertanyaan saya, apa harus buka account db juga utk istri dijerman terlebih dahulu sprti temen2 yg ngajuin visa studi? atau cukup aja bikin verpflichtungserklärung di kedutaan jerman dgn melampirkan surat dari Bank diindonesia bahwa ada jumlah uang misalnya 8040€ yg akan dikirim ke rekening istrinya nanti jika sudah dijerman..

    semoga pertanyaan saya jelas, dan ga bikin bingung yg baca .. :D

    danke euch..

    Like

    • Halo asad.. sayang sekali di antara kami belum pernah ada yang bawa istri atau suami kami ke Jerman.. :(

      Tapi kalau saya gak salah yah, sepanjang pengetahuan saya, selama sang suami belum kerja (masih studi s1 atau s2), sang istri harus menyertakan uang jaminan rekening DB. Kecuali kalau memang mas asad sudah kerja di sini, baru mungkin bisa dilakukan tanpa membuat rekening DB.

      semoga informasi ini tidak salah.

      Like

      • Makasih mas wahid utk infonya.. saya udh hubungin hari ini Ausländerbehörde.. mereka cuma blg yg penting ada bukti bahwa ada uang utk istri disini nanti.. intinya bukti tertulis. . Saya jelasin ke mreka klo ada syarat buka account db dijerman dlu sprti visa studi. . Jawabnya mereka “kami ga mesti sprti itu.. yg penting cukup ada bukti tertulis klo istri anda dijamin keuangannya..” brarti cukup dgn surat dari bank di indonesia yg menyatakaan ada uang sekian dibekukan atas nama si fulanah dan akan dikirimkan stlh membuka account bank dijerman.. ini jg sprti saat dlu saya mengajukan visa.. :D

        Semoga memang ga perlu buka tabungan db dulu..

        Like

        • ach so.. begitu yah mas.. jadi kita gak perlu buat di rekening DB yah.. terima kasih banyak mas untuk informasinya.. :D

          Like

        • Selamat siang.
          Ka saya kan udh trasnfer yg 8040 euro itu ke rekening DB saya, tp blm ada konfirmasinya. Sedangkan termin saya di Botschaft buat bikin visa itu hari senin.
          Bisa gk saya bawa bukti trasnfernya aja kalo blm dikonfirmasi DB?
          Danke im voraus :D

          Like

        • Halo umar.. Setahu saya sih gak aman yah kalau gak ada bukti konfirmasi dari DBnya.. Tapi mungkin kamu bisa coba untuk nekat datang dan membawa bukti transfernya.. :D

          Like

    • …ga tau gimana ya tp sepertinya skrg sistemnya ud makin cepet. Saya kemaren dokumen sampe di jerman nya hari jumat pagi. Senin pagi saya sudah dapat konfirmasi email soal info rekening db saya. Jadi prosesnya hanya sekitar 2-3 hari kerja saja. Saya juga kaget. Saya expectnya kan semingguan lebih.

      Like

  9. Selamat malam
    saya mau nanya , saya mau buat account bank DB di hamburg melalui saudara saya di belanda ,apakah itu bisa diwakilkan ??
    Danke

    Like

    • Halo bens… saya kurang tau kalau untuk masalah ini.. mungkin kamu bisa tanya langsung ke pihak deutsche banknya.. :D

      Like

    • kalo saya dulu dikirim lewat pos. waktunya bisa berminggu-minggu sih. Soalnya dari jermannya dikirimnya pake pos biasa.

      Like

  10. Haloo ka, saya anisa
    Rencananya sya mau berangkat thn ini
    Makasih bgt buat postingannya, ini bener2 sgt berguna. Tpi ada hal yg msh sya ngga ngerti, itu yg pembuatan db. Kita kan udah dpt capnya itu, katanya hrus dikirim ke hamburg ya, knpa?
    Pas ke kedubes buat dicap, kita cuma bawa formulirnya sama paspor doang?

    *sorry bgt ka, sya bener2 ngga tau apa2 buat ngurus db, mohon bantuannya*
    Thx

    Like

    • Halo anisa, iyah, karena itu udah prosedurnya.. :D

      Iyah, dulu saya juga kalo gak salah cuman diminta paspor sama formulirnya doank ko.. Tapi waktu itu saya juga bawa semua dokumen yang mungkin sih buat jaga-jaga.. better safe than sorry.. :D

      Like

  11. Mas, jadi ga ada konfirmasi dari email sama sekali? wah, registered address saya pas saya apply kan beda, bukan di jakarta tergantung sama alamat di pasport kemaren. Gimana ya? Apa pakai buki transfer saja bisa ga ya?

    Like

    • halo steve.. sori, saya salah nangkep kayaknya.. lagi rada gak konsen kemarin waktu jawab. Iyah, yang rekening DB itu dikirim lewat email ko.. sori2.. :D

      Like

  12. Hahahah, gpp mas, thanks2, jadinya saya kirim email ke mereka minta dikirim lewat email, terus besoknya langsung di scan, tapi kan Kedutaan juga uda dikasih tau kan, berdasarkan email mereka.

    Like

  13. Permisi numpang tanya,

    Saya dapat beasiswa S2 Erasmus Mundus. Mulai belajar awal September 2013. Semester 1 kuliah di Inggris, semester 2 di Norwegia, dan semester 3-4 di jerman. Apa saya tetap perlu buka rekening di DB? Enaknya buka rekening dari Indo apa pas saya di Norwegia aja yah?

    Thank you in advance.

    Like

    • Halo wicky.. setahu saya, kalau dapat beasiswa kita tidak perlu membuat rekening DB. Kita hanya perlu menyertakan keterangan bahwa kita mendapatkan beasiswa dari erasmus mundus tersebut.. :)

      You are welcome. :)

      Like

  14. Halo mas, saya Adinda..saya berencana berangkat agustus ini untuk sekolah di German. saya sudah meng-email DB untuk pembukaan account dari bulan januari tapi belum dibalas2 sampai sekarang, saya boleh minta contoh email permohonan pembukaan account ga mas?waktu itu saya sudah ke kedutaan, mereka bilang harus email dulu ke dbnya. kalau boleh email ke adindajpap@live.ca ya mas, terimakasih :D

    Like

  15. hallo kak

    aku azy, aku ada rencana mau kuliah di jerman, and aku ada beberapa pertanyaan ne, aku kan sekarang semester akhir S1, dan aku rencananya mau ambil kursus bahasa german di german, tapi buat mengajukan visa studyx apa saya pakai ijasah sma? soalnya saya ada tenggang libur pada saat slse skripsi sampai wisuda sekitar bulan, dan saya ingin maanfaatkan untuk kursus di german, atau saya tunggu ijsah S1 saya dulu ?
    terima kasih sebelumnya, mohon bantuannya,

    Like

    • Halo Azy,

      Saya asumsikan kasus kamu gini ya (untuk kedua kasus saya asumsikan lagi kalo kamu belum pernah kursus bahasa Jerman sama sekali) :

      1. Kamu berencana kuliah di Jerman, kamu cuma mau kursus di Jerman selama beberapa bulan sambil nunggu wisuda. Nanti pas wisuda balik lagi ke Indonesia. Buat saya sih jelas biayanya memberatkan, kecuali kalo kamu ga bermasalah dengan biaya pulang pergi ya monggo.

      2. Kamu kursus di Jerman dan ga bakal balik lagi, lanjut terus sampe kamu dapet kampus, kamu bakal skip wisuda kamu, lalu dokumen yang tersisa dikirim via pos. Ini bisa juga jadi pilihan, tapi saya ga akan mempercayakan dokumen penting saya ke jasa pengiriman, entah itu DHL, UPS ato Pos Indonesia. Terlalu beresiko.

      Jelas saya bakal pilih tunggu sampe semua dokumen lengkap dan bisa dibawa, dan sambil kursus bahasa di Indonesia tentunya. Dengan dokumen SMA aja sebenernya uda bisa ngajuin visa, tentang perlu ato engganya sertifikat (min. A1) bahasa Jerman juga saya masi ragu, karena ada beberapa temen saya yang bisa dapetin visa tanpa punya sertifikat ini. Tapi ga salah juga kalo dilengkapi, mengurangi resiko di tolak visanya.

      Begitu, keputusan tetep di tangan kamu.

      Maaf sotoy pake asumsi segala hehehe :)

      Like

  16. Hallo mas, saya toni. Sebelumnya, vielen dank buat info nya di blog ini, bermanfaat banget bagi saya. Saya mau tanya masalah uang jaminan yg 8040 euro. Itu kan gunanya untuk ngejamin kita selama setahun supaya ga ada namanya “bokek” atau semacamnya. Nah apa ada denda/hukuman ketika kita ga memenuhi “setoran” sebanyak 8040 euro di tahun berikutnya?

    Terima kasih :)

    Like

    • Halo toni.. Saya coba jawab yah.. Kalau untuk itu, tergantung dari ABH (Ausländerbehorde) tempat kamu perpanjang visa.. Ada yang memang meriksa berapa uang yang kamu punya, ada juga yang gak meriksa.. :D Hukumannya apa? Simpel yah.. Pulang.. :D

      Like

  17. numpang nanya nih…
    saya umurnya belum 18 th nah trus denger2 klo mau buka account db umurnya hrs d ats 18 th
    gmn y solusinya ?
    apa dengan surat kuasa dri org tua sdh cukup?

    Like

  18. Hallo Salam Kenal :)

    saya Alhadiid, rencana bakal berada di jerman sekitar bulan september tahun ini, tepatnya di kota Muenchen untuk studi S2

    mau share nih, untuk dapet formulir buat buka blocked account kita bisa langsung ke web DB nya aja kok, gak harus ngimelin db.student, saya punya pengalaman request form by email gak digubris sama mas dan mbak di DB ini soalnya..hehe

    monggo linknya

    https://www.deutsche-bank.de/pbc/pk-studium-international_students_en.html

    Like

  19. Hello Ka, saya stephen, mau tanya nih, salah satu syarat untuk pengajuan visa adalah melengkapi konfirmasi dari DB bahwa Eur 8040 sdh diterima, dan juga zulasung dalam bentuk asli dan photo copy sedangkan tsb diatas kita terima melalui email,bagaimana cara mendapatkan aslinya?

    Like

    • Halo stephen.. Coba jawab ya

      Biasanya zulassung asli dikirim lewat post oleh si univ, tapi biasanya sampainya agak lama.. Jadi kalo elo udh arrange jadwal visa tp zulassung blm sampe, bisa print zulassung elektronik yang ada di email atau student account lo diwebsite univ bersangkutan.

      Viel gluck!

      Like

  20. Halo,
    Mau nanya dong, saya sudah mengirimkan aplikasi pembukaan rekenin deutsche bank ke alamat yang tertera di formulir pembukaan rekening, yaitu di Leipzig. Di website kedutaan Jerman pun mencantumkan alamat Deutsche Bank di Leipzig. Tetapi setelah saya cek di web https://www.deutsche-bank.de/pbc/pk-studium-international_students_en.html di bagian Faq, ternyata dokumen harus dikirim ke Hamburg. Jadi di bagian mana yang benar ? Apakah sudah ada teman yang pernah mengirimkan formulir aplikasi ke Leipzig ? Terima kasih.

    Like

    • Halo, sy kirim ke Leipzig juga kok, dan baru aja kemarin dapat konfirmasi dr pihak Deutsche Bank via email. Ditunggu aja :D Sy dpt konfirmasinya 1 minggu stlh dokumennya diterima, ada temen sy dpt hanya 4 hari.

      Like

    • Halo widhi.. Kalo liat dari website DB, kayaknya di hamburg deh yang bener.. Tapi coba kamu tanya ke kedutaan aja tentang hal ini, karena saya gak pernah mengalami kasus ini, dan mereka pasti lebih tau daripada saya. :)

      good luck. :)

      Like

  21. Ka, sy mau tanya pd saat apply visa, kalau sdh mentransfer deposit 8040 di Deutsche Bank, kedutaan tidak menanyakan hrs ada rekening koran orang tua lg kan ya? Krn ada yg mengatakan tetap hrs ada surat sponsor dan menyertakan rekening Koran dr sponsor atau orang tua. Sedangkan sy ga ada sponsor. Cukup deposit 8040 di Deutsche bank itu sdh cukup kan ya ka? Terima kasih sebelumnya.

    Like

    • Halo Jeremy..

      Dulu sih saya gak disuruh.. Cuman bukti yang 8040 itu doang kok.. :)

      Like

      • Oke2 ka :)
        Ka, mau Tanya lg nih, setelah sy transfer 8040 ke rekening DB itu, nanti mereka ada konfirmasi gt kan ka kalau uangnya sdh mereka terima…itu dikonfirmasinya melalui email atau ada mereka kirim pos gt ka?
        Yang perlu dibawa ke kedutaan saat apply visa itu, bukti transfer sy atau bukti konfirmasinya itu ka?
        Terima kasih lagi ka :)

        Like

        • Halo..

          Agak lupa juga sayanya, tapi kalo gak salah lewat email deh.. Yang perlu di bawa ke kedutaan itu adalah bukti konfirmasi dari DBnya. Tapi kalo dulu sih saya bawa 2-2nya.. biar aman.. :D

          Like

  22. Hi, perkenalkan saya Bezaleel (Bez), akan s2 di munchen. Saya mau tanya mengenai jumlah transfer yg €8040. Berhubung di munchen katanya biaya hidup sekitar €800/bln (melebihi batas ambil duit €670/bln), kalau mau bawa uang lbh byk apakah bisa transfer lebih dr 8040 ato mendingan buka account bank lain?

    Terus saya jg mau tanya, kalau misalnya kerja part-time atau dpt beasiswa, lbh baik buka account bank lain atau ttp pakai DB?

    Terima kasih..

    Like

    • Halo Bez..

      Hm.. Kalau mungkin bisa membantu yah kalau kamu buka akun bank lain di sana.. Tapi kata temen saya yang ada di sana sih, sebenernya kalau mau super hemat, bisa kok pake yang dari DB doank, tapi yah itu, ngepas. :D

      Mungkin ada pake DB aja bisa, tapi kalo kamu memutuskan untuk buka bank lain, yah gak apa juga sih sebenernya. :D Tapi yang jelas kalo kamu kerja part time, dan duitnya masuk ke DB, pas nanti kamu mau perpanjang visa, seenggaknya kamu bisa liatin kalo di konto kamu ada aliran dana positif.. :)

      Like

      • Makasih jawabannya..
        btw itu temennya di munchen juga?
        Memang saya perna baca blog yg bilang di munchen bisa €600 kalau hemat,, tapi takutnya kalau ada kerperluan mendadak.

        Sekalian deh mau nanya: saya baru baca blog mas yg “9 HAL YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH TIBA DI JERMAN” – dari sini saya ambil kesimpulan bulan pertama di jerman bakal keluar uang lebih banyak dari biasa. Yang saya mau tanya:
        1. Selain uang utk bayar akomodasi, kira2 harus persiapkan uang brp byk utk urus semuanya (surat2, asuransi, semester ticket, dll sampai lengkap).
        2. uangnya bawa tunai semua atau sebagian aja?

        Terima kasih sebelumnya.

        Like

        • Halo…

          Iyah, temen saya lagi ikut stk di München.. :D Kalau untuk keperluan mendadak biasanya saya minjem rekening temen yang gak pake limit buat numpang ngirim duit.. :D

          Btw kalau untuk yang thread itu, kamu tanyakan lagi di sana aja yah.. Biar lebih teratur.. Ntar saya jawab di sana.. Makasih buat pengertiannya.. :)

          Like

  23. Selamat siang..
    saya mau tanya, untuk mengurus visa poin “Bukti Keuangan” yg ditunjukin itu konfirmasi dari dB kalau rekening kita disana udah dibuka tp masih belum ada uangnya atau setelah udah ada uangnya?
    Terima kasih..

    Like

    • Halo Hanny..

      Kalau sudah ada uangnya dong.. Logikanya khan kita mau nunjukin kalau kita bisa survive setahun di sini.. Jadi buat apa kalau belum ada uangnya.. :D

      Like

  24. Selamat sore tim Jermandes

    1. sebenarnnya mengirim e-mail ke Deutsche banknya itu sendiri perlu ngga sih ? soalnya saya kemarin sudah mengirimkan e-mail , biarpun tidak ada balasan dr sana. saya sudah mengisi formulir yang bisa didownload dari websitenya deutsche bank (yang versi bahasa inggris), dan nanti rencananya mau dilegalisir pada hari jumat tanggal 16 ini.

    2. Apakah dibutuhkan zulassung sebelum melegalisir formulir DB (saya belum mendapatkan karena sekarang masih kursus B1), atau sebelum dikirim formulirnya ke jerman apakah sudah harus ada zulassung, (di form pendaftarannya tertulis

    Like

    • Halo Irvanrf..

      1. Kalau dulu sih saya ngirim yah.. Tapi ada juga orang lain yang gak ngirim..

      2. Tidak, zulassung dibutuhkan untuk mengurus visa, bukan blocked account.

      Like

  25. Halo,kl kita dh punya no rek DB bln maret tp sp skrg blm jg diisi bakalan ditutup gk ya sm org DB nya .

    Like

    • Halo Theresia.. Coba kamu tanyakan ini ke orang DBnya.. Pastinya mereka lebih tau daripada kami.. :)

      Like

    • Oi nar.. Apa deh.. -___-”

      Harusnya sih bisa cepet yah.. Paling gak sampe 2 bulan.. (lama di visanya, sekitar 5 minggu).

      Like

  26. Hallo mau nanya boleh ya, formulir dari Deutschbank itu setelah di print , boleh nga ditulis tangan atau harus ketik di komputer dulu, baru di pirint. Thanks

    Like

  27. Kakak..
    Sorry aku mau tanya..
    Aku kemarin sudah urus hingga pembukaan blocked account.. step-nya adalah tinggal transfer dan apply visa saja.. Namun karena satu dan lain hal yang berkenaan dengan keluarga saya, maka saya memutuskan untuk tidak jadi berangkat. Nah kira-kira apa yang harus saya lakukan dng blocked account ini ya? Karena katanya itu adalah kewajiban dari kita-nya untuk closing blocked account tersebut. Dan itu membutuhkan surat pernyataan dr immigration office yang ada di jerman bahwa kita ditolak. Atau mendingan blocked account-nya kita diamkan saja ya? Any advice?
    Danke im voraus.

    Like

  28. Selamat malam, menyambung pertanyaan yg sebenernya sdh ada di atas, tp aku pengen mastiin nih, aku rencanannya mau legalisir DB hari senin besok, nah kirimnya sesuai di Formulir ke Leipzig atau tetap ke Hamburg ya? cuma mau mastiin nih, soalnya kan yang di kirim formulir asli, takutnya kalau salah kirim harus minta legalisir lagi ke Botschaft, Danke :)

    Like

  29. Selamat malam,
    saya Sanny rencana mau ngambil studi spesialis tahun depan di Jerman. Hari ini email Bestätigung dari DB dateng akhirnya, tapi belum sempet seneng meluap-luap saya langsung ngeh kalo nama saya salah. Ada yang pernah ngalamin kaya gitu gak ya? Saya sudah email ke db.student@db.com tapi agak gak yakin bakalan dibales. Apa bisa saya ke DB yang di Jakarta aja untuk koreksi nama? Bitte pencerahannya yah kakak2..

    Vielen Dank.

    Like

  30. Hallo,
    baru saja saya dari kedutaan untuk legalisir formulir DB.
    Ternyata sekarang untuk legalisir harganya 470ribu T^T
    Untung bawa cukup uang.
    Dan konsulernya yang fotokopi paspor kita. Kita ga perlu kasih fotokopi paspor :D

    Like

  31. Dapet info dari Dita:

    Aku punya informasi ! kalau kalian yang ingin melegalisir rekening Student tapi tidak tinggal di Jakarta atau sekitarnya bisa mendatangi konsulat Jerman yang ada di 3 wilayah ( Surabaya, Medan, dan Bali) jadi kalian tidak usah ke Jakarta (setidaknya untuk pengiritan biaya :) ), aku tahu informasi ini karena baru menelepon konsultan di Surabaya, namun bila kalian kurang yakin bisa telp ke nomor konsulat masing-masing di http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/03_20Botschaft/Oeffnungszeiten/Oeffnungszeiten__andere__Vertretung.html .. Semoga bisa membantu ya :)

    Like

  32. Info dari Bu Nita : tutup blocked account

    Kemarin saya tutup rekening (deposit) anak saya , dan yang saya siapkan sbb :
    1. Paspor asli yang sudah ada visanya untuk pembatalan visa pelajar.
    2. Email-surat dari Deutsche Bank penerimaan dana (yg dipakai utk permohonan visa pelajar terdahulu )
    3. Surat Permohonan/pemberitahuan untuk penutupan rekening.

    bawa dokumen tersebut ke kedutaan, langsung ke loket 5 di lantai 2 (tempat interview)., setelah itu kita diminta menunggu di Konsuler (lantai 1).

    Dikonsuler, mereka akan berikan surat pembatalan visa dan pengantar penutupan rekening. Biaya Rp. 330.000,-
    Setelah itu kita harus kirimkan sendiri via Pos/DHL. dll dokumen2 :

    1. Surat pembatalan/ pengantar penutupan rekening dari kedutaan Jerman.
    2. Email-surat dari Deutsche Bank penerimaan dana (yg dipakai utk permohonan visa pelajar terdahulu ).
    3. Surat Permohonan/pemberitahuan untuk penutupan rekening dari pemilik rekening. dan sertakan didalam surat tersebut, data-data untuk pengembalian dana deposit ( nama bank; nomor dan nama pemilik rekening; switch code bank dan lokasi/alamat bank pembuka).

    kirim ke : Deutsch Bank
    Privat – und Geschaftskunden AG
    Frankfurter strasse 1,
    04024 Leipzig, Germany
    attn : Speszial auslandische studenten
    phn : 049 69 91000

    Like

  33. bang….saya mau nanya, saya udah buka rekening DB tapi udah sebulan lebih belum dapat balasan. gmna ya?

    Like

  34. malam bang kalo saya mau buka rekening DB tapi masih agak lama diisinya gimana? soalnya jaga2 takut prosesnya lama gitu saya rencana berangkat taun depan

    Like

    • Taun depan bulan apa? Pada dasarnya sih gak apa-apa buka dari lama juga. Tapi kalau baru mau berangkat taun depan lewat tengah tahun sepertinya lebih baik agak nanti kali yah.. Bulan ketiga gitu? :)

      Like

      • rencana sih Maret atau April soalnya dari baca2 disini katanya agak lama gitu kan ya ngurusnya?
        oh ya kang wahid tinggal dimana skrg? ada kontaknya yg bisa dihubungi?
        Danke!

        Like

        • Hm. Iyah, agak lama, jadi agak jauh hari kalau bisa ngurusnya. :) Di Bad Driburg. Tidak. :)

          Like

  35. permisi mau tanya,
    ketika sudah transfer kita tinggal tunggu saja di email kita konfirmasinya? Perlu kontak db dengan sertakan bukti transfer kah?
    tenggat waktu dari transfer uang ke Blocked Account nya sampai menerima e-mail konfirmasi berapa hari kerja ya?
    ada yang punya pengalaman mohon di share,
    VD

    Like

  36. gajadi deh udah terjawab. Gak perlu karena langsung di konfirmasi begitu uang nya sampai.
    i would like to say sorry.

    Like

  37. Pagi rekan-rekan sekalian,
    Saya mau tanya tentang deposito kalau kami mau berangkat satu keluarga, saya, isteri dan 2 anak (14 dan 12 thn) apakah buka rekeningnya atas nama saya saja atau dua rekening dengan isteri, terus jumlanya berapa?

    Like

    • Halo Alvius Darma,

      Maaf saya kurang bisa membantu untuk masalah ini. Mungkin lebih jelasnya bisa kamu tanyakan ke bagian konsuler kedutaan Jerman. :D

      Like

      • Terima kasih atas tanggapannya, saya dapat informasi dari konsular dan hukum kedutaan Jerman tentang hal yang saya tanyakan di atas, sekaligus membagi informasi jika ada kasus seperti sama, untuk rekening keluarga hanya membuka satu account saja atas nama suami /ister dan Euro 8040 untuk dewasa ditambah anak-anak Euro 4020 per anak diatas 12 tahun, jadi kalau saya dengan dua anak usia 12 dan 14 tahun berarti Euro 8040 + 8040 + 8040 totalnya Euro 24120…semoga membantu informasi ini…salam hangat…

        Like

  38. Pagi mas, saya sdh coba baca komentar dari tmn2 di topik ini, tp kelihatannya blm ada yg menanyakan.

    Saya sdh membuka rek di DB, tinggal mentransf uang 8.040€. sebenarnya uang tsb sdh ada di rek pribadi saya di BCA, tp blm saya transf mengingat nilai tukar € yg luar biasa tinggi untuk saat ini. Jika saya tukarkan € sekarang maka ada selisih belasan juta rupiah dibanding jika nilai rupiah stabil. Jadi masalah buat saya sebab uang saya tersebut (maaf) adalah pinjaman.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah block account harus menggunakan DB? Atau bisa menggunakan block account dari bank lain seperti BCA atau Mandiri? Mohon bantuannya mas.

    Ich bedanke mich sehr für Ihre Hilfe.

    Like

Comments are closed.