Sedikit Tips Tentang Cuaca di Jerman (Melihat Ramalan Cuaca)

To: Me

From: M. Prabhakara

Subject: Jerman Mulai Dingin

Message: Yok, di sini udaranya udah mulai dingin. Ntar jaket yang agak tebal di bawa aja yah ke dalam pesawat, biar di luar langsung dipake.

Sebuah pesan dari seorang teman saya masuk ke dalam handphone saya, menyarankan agar saya membawa jaket yang agak tebal untuk dipakai setelah saya mendarat di bandara Düsseldorf. Sebenarnya saya tidak kebayang akan seberapa dingin udara ketika saya mendarat di Jerman nanti, dan jujur saja, awalnya saya menganggap remeh tentang udara dingin di Jerman. Jujur saja, tadinya saya berpikir bahwa sedingin-dinginnya udara di sini tidak akan jauh berbeda rasanya jika dibandingkan dengan udara di daerah Bandung bagian atas. Namun akhirnya saya ikuti saran teman saya tersebut untuk membawa jaket yang agak tebal ke dalam kabin pesawat.

Saya sampai ke bandara Düsseldorf tanggal 15 Oktober pukul 13.55 siang hari waktu Jerman. Waktu itu suhu di sana 8 derajat celcius (kata pilot dari maskapai penerbangan emirates yang saya naiki), sebuah suhu yang bisa membuat orang masuk angin jika keluar dengan celana pendek dan kaos kutang. Namun, karena di dalam bandara terdapat pemanas ruangan, maka saya tidak merasakan sedikit pun rasa dingin, malahan agak gerah. Sempat agak ngeluh juga di situ, karena saya harus memakai jaket setebel bolu kukus (lebay) di ruangan yang gak dingin.

Setelah menyelesaikan administrasi dan mengambli tas saya di ban berjalan, saya pun menemui teman saya tersebut, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Aachen. Udara baru terasa dingin ketika saya sampai ke Hauptbahnhof Aachen. Thanks god I used the jacket! Dingin banget rasanya! Apalagi waktu itu angin bertiup cukup kencang. Bener-bener bersyukur waktu itu saya sudah menyiapkan jaket yang agak tebal di kabin.

Tips cuaca Jerman nomor 1:

Bawalah jaket yang agak tebal ke kabin pesawat jika kita akan sampai di Jerman pada musim gugur ataupun musim dingin.

Selang seminggu kemudian setelah kedatangan saya, cuaca di sini mulai mendingin. Suhu di atas 5 derajat sulit untuk didapatkan, dan suhu di atas 10 derajat celcius adalah sebuah kemewahan yang sulit untuk didapatkan. Lupa menyalakan Heizung (pemanas ruangan)? Siap-siap untuk menggunakan kerokan (masuk angin). Sialnya, suhu di bawah 5 derajat (apalagi waktu itu minus) membuat sarung tangan tipis (yang bikin saya gerah pada suhu 10 derajat lebih) menjadi tidak berguna. Saya pun mengubah pandangan saya bahwa GAK SELAMANYA DINGIN ITU ENAK! X_x Dan karena itulah penting bagi saya untuk menuliskan tips cuaca yang saya dapatkan dari teman saya yang sudah tinggal lama di Jerman (Aachen): Membuka web tentang ramalan cuaca!

Tips cuaca Jerman nomor 2:

Dikarenakan cuaca di Jerman bukanlah cuaca tropis seperti yang ada di Indonesia (perubahan suhu bisa cukup ekstrim dalam hitungan 24 jam), maka ada baiknya kita melihat ramalan cuaca yang untuk daerah tempat tinggal kita di Jerman.

Percaya saya, anda tidak akan mau berada di bawah suhu 5 derajat celcius (apalagi suhu minus) tanpa menggunakan pakaian yang memadai. Percaya atau tidak, tanpa peralatan yang memadai, suhu dingin akan membuat badan kita terasa sakit (waktu itu -2 derajat, dan tangan saya mulai sakit dan mati rasa, padahal waktu itu saya menggunakan sarung tangan).

Oia, ngomongin tentang ramalan cuaca, ada 1 web yang bisa diandalkan untuk melihat kondisi cuaca di Jerman. Silakan buka http://www.wetter.com/ , dan masukkan ke dalam form yang ada di web tersebut kode pos ataupun kota tempat kita tinggal di Jerman. Maka kita akan bisa melihat prediksi kondisi cuaca di daerah kita untuk hari ini, ataupun beberapa hari ke depan. :D Untuk yang menggunakan smartphone berbasiskan android, bisa juga mendonlot aplikasinya di google play, dan menjadikannya widget di homescreen smartphone kita. :D

Ah iyah, di samping hal-hal di atas, jangan lupa juga tips berikutnya:

Tips cuaca Jerman nomor 3:

Jika diramalkan bahwa siang/sore/malam akan hujan, maka jangan ragu ataupun malu untuk membawa payung pada pagi hari yang cerah. Jangan khawatir, ramalan cuaca di situs seperti wetter.com cukup bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan. :D

Well, kayaknya cukup 3 itu dulu dari saya. Semoga bisa berguna buat yang mau berdomisili di Jerman. :D

About these ads

4 responses to “Sedikit Tips Tentang Cuaca di Jerman (Melihat Ramalan Cuaca)

Comments are closed.