9 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Tiba di Jerman

Halo halo halo…

Jumpa lagi sama saya. Kali ini saya mau nulis tentang apa aja yang awal-awal harus kita lakuin waktu kita udah tiba ke Jerman. Adapun hal ini saya bagi jadi 4 bagian besar: Segera banget, Segera aja, 30 hari setelah kedatangan kita ke Jerman, dan optional/pilihan.

A. SEGERA BANGET BANGET BANGET

4 hal di bawah ini adalah hal yang harus banget secepatnya kita lakuin setelah kita sampai ke Jerman, karena kalau kita gak ngelakuin ketiga hal di bawah ini, maka kita akan susah banget buat ngapa-ngapain, karena urusan administrasi dan formalitas kita ke depannya akan membutuhkan 4 hal ini.

1. Bersiap untuk kegiatan surat menyurat.

Di Jerman, banyak kegiatan administratif yang membutuhkan proses surat menyurat (misalkan pengiriman kartu ATM, dlsb).  Karena itu adalah sebuah hal yang penting untuk kita menyiapkan diri dalam kegiatan surat menyurat ini. Berikut hal-hal yang harus dilakukan.

a. Mencatat alamat kita secara jelas dan akurat.

Adalah hal yang penting bagi kita untuk mengetahui alamat kita secara jelas. Karena kita gak akan kepengen kalau dokumen-dokumen pribadi kita nyasar ke tempat orang lain. :D Nah, biasanya alamat kita di Jerman terdiri dari 4 bagian besar, yaitu:

Nama, Nama Jalan, Kode Pos, Negara.

Contoh:

Wahidyan Kresna Fridayoka, Minoriten Straße 20, 56073, Aachen, Germany.

Atau, jika kita tinggal di tempat orang lain, kita bisa memberikan keterangan c/o di alamat kita. Misal, saya menumpang alamat surat di tempatnya Maudy Ayunda, maka alamat saya dituliskan sebagai berikut:

c/o Maudy Ayunda, Sailgraben Staße 37, 56054, Aachen, Germany.

b. Menuliskan nama kita di kotak surat yang ada di tempat tinggal kita.

Di Jerman, biasanya kita tinggal di sebuah wohnung. Dan di bagian bawah wohnung tersebut akan terdapat sebuah kotak surat untuk masing-masing penghuni di dalam wohnung tersebut. Nah, agar pak pos tidak kebingungan, maka kita wajib untuk menuliskan nama kita di kotak pos tersebut. Sehingga, kalau nanti ada surat untuk kita, maka pak pos akan memasukkannya ke dalam kotak surat tersebut, dan kita tidak perlu mengambilnya ke kantor pos.

c. Mengenal siapa tetangga kita.

Mengenal siapa tetangga kita adalah salah satu hal yang penting untuk kita lakukan. Atau setidaknya, minimal kita tahu siapa tetangga kita, dan tetangga kita tahu siapa kita. Kenapa hal ini penting untuk kegiatan surat menyurat? Hal ini dikarenakan, jika pak pos mengirimkan kita paket, dan kita tidak ada di rumah, maka pak pos tersebut akan menitipkan paket tersebut kepada tetangga kita, dan meninggalkan pesan kepada kita bahwa paket telah sampai ke alamat kita, dan telah dititipkan ke tetangga  tersebut.

2. Stadt Anmelden – Mendaftarkan diri ke kota tempat kita tinggal.

Hal yang pertama adalah Stadt anmelden. Pada stadt anmelden ini, kita diharuskan untuk mendaftarkan kedatangan diri kita ke kantor sipil (Burger Service) di kota yang kita tinggali. Biasanya kantor ini terletak di sekitar daerah Rathaus di  kota yang kita tinggali (tapi bisa juga gak di sekitar Rathaus, tergantung dari kota yang ditinggali).

Untuk prosedurnya, cukup datang ke Burger Service, ambil nomor antrian, dan katakan bahwa kita ingin mendaftarkan diri ke kota yang kita tinggali (sebaiknya dilakukan dalam bahasa Jerman, meskipun terbata-bata). Adapun kata ajaibnya untuk Stadt anmelden ini adalah:

Ich möchte mich in (Nama kota kita) anmelden.

Oia, jangan lupa bawa persyaratan yang dibutuhkan. Saya agak lupa apa aja, tapi biar aman, bawa saja: paspor, visa, mietvertrag (semacam surat persetujuan antara kita dan hausmeister bahwa kita berdomisili di alamat tersebut), surat undangan dari sekolah yang kita ikuti, dan bukti bahwa kita punya blocked account di Deutsche Bank.

Setelah kita menyelesaikan proses pendaftaran diri ke kota tempat tinggal kita ini, kita akan mendapatkan selembar kertas yang berisikan bahwa kita telah terdaftar di kota kita tersebut.

3. Aktivasi rekening Deutsche Bank.

Nah, kalau udah stadt anmelden, kita masuk ke urusan duit.. ($.$) Caranya gampang, kita cari cabang Deutsche Bank yang terdekat dari tempat tinggal kita, dan katakan kalau kita ingin mengaktifkan blocked account kita. Persyaratan dokumennya cukup simpel, bawa saja:

  • Paspor,
  • Bukti Stadtanmelden, dan
  • Print out email dari Deutsche Bank yang menyatakan bahwa kita telah memiliki blocked account di rekening Deutsche Bank.

Jangan lupa sebutkan kata kuncinya ketika kita ada di kantor cabang Deutsche Bank:

Ich möchte mein Konto aktivieren, bitte.

Setelah akun kita berhasil diaktivasi, maka kita sudah bisa mengambil uang yang ada di dalam blocked account rekening Deutsche Bank kita (tentunya dengan jumlah pengambilan maksimal sekitar 600 euro-an perbulannya). Oia, setelah akun kita berhasil diaktivasi, maka Deutsche Bank akan mengirimkan kita surat yang berisikan kartu atm dan pin atm kita ke alamat tempat kita tinggal di Jerman (biasanya berkisar antara 4-6 minggu setelah proses aktivasi akun kita). Kartu atm, pin atm, dan online banking biasanya dikirim terpisah.

4. Mengurus Krankenversicherung/Asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan adalah salah satu hal yang wajib kita miliki jika kita ingin berdomisili di Jerman. Saya pribadi menggunakan asuransi kesehatan dari Mawista, karena teman saya merekomendasikan itu, dan saya bisa mengurus semuanya lewat internet. Asuransi ini sangat penting untuk segera kita urus, karena proses perpanjangan visa akan membutuhkan bukti bahwa kita telah terdaftar di salah satu asuransi kesehatan yang diakui oleh pemerintah Jerman.

Jika kamu juga ingin menggunakan asuransi mawista ini, maka kamu bisa buka website mawista di: http://www.mawista.com/ , dan buka bagian Krankenversicherung für Ausländer in Deutschland. Adapun pada proses pendaftarannya, kita akan diminta untuk memasukkan nomor paspor, nama lengkap, alamat kita, nomor rekening Deutsch Bank kita, dan hal-hal standar lainnya tentang biodata kita.

B. SEGERA AJAH (PAKE HA)

5. Melaporkan Diri ke KJRI.

Setelah ke-4 hal itu beres, maka amat disarankan untuk kita mendaftarkan diri ke KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) di Frankfurt am Main. Adapun untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran diri ke KJRI ini bisa dilihat di: http://www.kjriffm.de/ atau lebih jelas di sini.

C. 30 HARI SETELAH KEDATANGAN:

6. Membuat Termin/Janji untuk Perpanjangan Visa Tinggal Lebih dari 3 Bulan.

Ketika awal kedatangan kita ke Jerman, biasanya kita hanya akan diberikan visa untuk izin tinggal selama 3 bulan. Nah, berhubung masa studi kita jauh lebih panjang daripada itu, maka kita harus memperpanjang visa kita tersebut. Dan langkah pertama untuk memperpanjang visa kita tersebut adalah dengan membuat janji untuk memperpanjang masa berlaku visa kita.

Pertanyaan berikutnya adalah: di mana kita bisa buat janji untuk memperpanjang visa kita ini? Di Ausländerbehorde atau Ausländeramt jawabannya. Kita tinggal datang ke Ausländerbehorde/amt yang ada di kota kita, dan bilang ke mereka bahwa kita akan membuat termin untuk memperpanjang visa kita. Setelah proses pembuatan janji, maka kita akan mendapatkan selembar kertas yang berisi tentang tanggal berapa kita harus kembali lagi untuk memperpanjang visa kita, dan dokumen-dokumen apa saja yang harus kita bawa.

Oia, kemarin waktu saya membuat termin perpanjangan  visa, yang diminta hanya bukti Stadtanmelden kita, dan paspor kita. Tapi buat amannya, bawa saja semua dokumen yang kita punyai sekitar Jerman (bukti rekening Deutsche Bank, dlsb).

Untuk sebagian kota, Berlin misalnya, membuat termin perpanjangan visa ini bisa juga dilakukan via online. Ada baiknya search di google untuk info lebih jelas. Keywordnya: Ausländerbehörde (nama kota). Setelah kita mendaftar, kita akan dikirimkan melalui email secara detail kapan kita harus datang, jam berapa, lengkap dengan nomor antrian.

7. Memperpanjang Visa Kita di Hari yang Telah Ditentukan.

Di hari H termin perpanjangan visa kita, datanglah di jam yang telah ditentukan di Auslandamt/behorde, bawa semua dokumen, dan ikuti prosedur yang ada. Sangat penting juga membawa pas foto dan kartu ATM. Gunanya, setelah urusan perpanjangan visa selesai, nanti kita disuruh membayar kira-kira 80 euro untuk perpanjang visa + 30 euro untuk kartu Aufenthaltstitel. Pembayaran dilakukan melalui ATM yang tersedia di Ausländerbehörde. Di kartu ini akan tertera masa berlaku visa dan alamat tempat tinggal kita dan 1 lembar kertas berwarna hijau yang sama pentingnya dengan kartu tersebut. Berbeda dengan keadaan beberapa tahun lalu, visa ditempelkan di lembar passport yang mengharuskan kita membawa passport ke mana saja kita pergi. Kartu ini semacam KTP kita disini. Selalu dibawa bersama semester ticket.

D. OPTIONAL

2 hal di bawah ini sebenernya bisa kamu lakukan ataupun tidak. Maksudnya adalah, tanpa punya inipun kamu bisa dan boleh hidup di Jerman. Tidak satu jawaban yang benar untuk 2 hal di bawah ini, silakan saja kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

8. Fahrkarte (Karcis Transportasi)

Sepanjang pengalaman saya hidup di Aachen (gak begitu tahu di kota lainnya), transportasi antar dan/atau dalam kota di Jerman dilakukan dengan menggunakan bus, kereta, atau pesawat. Kalau pesawat jelas lah yah bayarnya, tapi kalo untuk bus, proses pembayarannya akan sedikit berbeda dengan yang ada di Indonesia. Tiket bus biasanya dibagi menjadi beberapa macam di bawah ini:

  • Tiket sejumlah perjalanan
    • Einzielkarte (Tiket sekali jalan)
    • Zweikarte (Tiket 2 kali jalan)
    • Vierkarte (Tiket 4 kali jalan)
  • Tiket terusan
    • Wochenkarte (Tiket mingguan)
    • Monatskarte (Tiket bulanan)
    • Semestertiket (Tiket semesteran)

Prinsipnya sama kayak tiket Dufan, kalau tiket sejumlah perjalanan, kita hanya bisa menggunakannya sejumlah jenis tiket apa yang kita beli. Sedangkan dengan menggunakan tiket terusan, maka kita bebas menggunakan bus semau kita (di preisstuffe yang kita beli) selama kita ada di dalam masa berlaku karcis tersebut. Oia, kalo di Aachen, ada 2 macam preisstuffe yang biasa digunakan, yaitu Preisstuffe 1, dan City XL. Preisstuffe 1 ini akan bisa membawa ktia sampai ke seluruh aachen, sedangkan City XL hanya akan bisa membawa kita ke daerah di dalam ring 1 dari kota Aachen.

Sebagai contoh, saya memiliki Vierkarte City XL, maka saya akan bisa melakukan 4 kali perjalanan di dalam ring 1 kota Aachen. Contoh lainnya adalah, katakan saya memiliki Monatskarte Preisstuffe 1, maka saya akan bisa berkeliling kota Aachen sepuasnya selama sebulan dengan menggunakan bus, tanpa terbatas pada daerah ring 1 Aachen. Oia, untuk harga dari masing-masing tiket ini, lebih banyak maka akan lebih murah harga per perjalanannya. Contoh:

Sekali perjalanan di dalam daerah Ring 1 akan memakan biaya 1,40 euro jika kita menggunakan Einzielkarte, akan tetapi, dengan menggunakan Vierkarte City-XL, maka biaya 1 kali perjalanan hanya akan menghabiskan 1 euro (lebih hemat hampir 30 persen).

Untuk pembelian karcis perjalanan ini, bisa kita lakukan di atas Bus, mesin tiket otomatis, ataupun di kantor ASEAG  (otoritas transportasi yang ada di Aachen), saya kurang tau apa namanya di kota Jerman yang lainnya, tapi prinsipnya kurang lebih tetap sama. Oia, saya pribadi menggunakan tiket jenis Vierkarten, hal ini karena tempat kegiatan saya saat ini (VHS Aachen) bisa terjangkau dengan 15 menit jalan kaki, sehingga saya jarang naik bus, dan tidak membutuhkan tiket jenis terusan. :D

9. Provider Handphone

Untuk provider masalah provider handphone bisa dilihat di sini:

http://jermandes.wordpress.com/2013/05/20/memilih-provider-telekomunikasi-handphone-kita-di-jerman/

THAT’S IT!

And that’s it! Itu dia 9 hal yang harus dilakukan setelah kita sampai ke Jerman. Semoga bisa lebih memberikan gambaran tentang prosedur-prosedur dan adminisitrasi apa saja yang kita butuhkan setelah sampai di Land of Ideas ini. :D

Salam hangat,

- Yoka -

69 responses to “9 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Tiba di Jerman

  1. Halo kak Yoka, saya Indira, Bilangnya pas di bandara, laptop kita di-check sama petugasnya ya? Itu buat ngecek kalo OS kita asli atau software” di dalamnya juga? soalnya kan banyak banget nih yang ga beli :p Makasih sebelumnya :)

    Like

    • Halo indira sori yah balesnya lama, baru ngeliat komen kamu soalnya (keselip).. hehe..

      Okeh.. itu isu bener banget.. ada kemungkinan kita akan diperiksa perihal keasliannya… tapi itu gak untuk semua penumpang kok.. biasanya diperiksa acak.. dan kebetulan saya sendiri waktu itu tidak diperiksa, tapi salah seorang dosennya teman saya pernah diperiksa (sekitar 2 tahun yang lalu), ketahuan pakai windows bajakan, dan kena denda sekitar 4000 euro… (banyak yah..) tapi lagi-lagi, itu random. Amannya sih jangan pakai yang bajakan, minimal waktu kita dalam perjalanan. tapi kalau mau mencoba peruntungan juga gak apa2.. :D

      Like

  2. Hai kak, untuk Stadtanmelden, ntar aku landing di Berlin, tapi aku aufnahmepruefung di Koethen dan Saarbruecken yang jadwalnya hampir 2 Minggu di Koethen dan hampir satu bulan dari Saarbruecken. Aku harus daftar di Berlin atau di kota yg sudah pasti untuk stk?

    Like

    • Halo Richie.. Sori kalo saya masih belum nangkep, kamu di berlin cuman numpang landing doank kah?

      Like

  3. Hallo Mas Wahid..saya barusan dari kamar sebelah nih (tips mngurus visa)..hehehe..wah maaf mas baru tau kalo ada tulisan ini..dari dulu taunya di kamar sebelah terus..hehehe..
    mau nanya nih mas..
    -waktu apply Mawsita pake paket yg apa?aq dapet info dari temen di sana di suru pake “Student Comfort”..kalo mas ambil yg apa waktu itu?
    -Kalo Monatkarte beli di Deutsche Bank bisa gak sih Mas??kok ada temen yg bilang kalo bisa beli di DB..
    -pembagian jenis tiket di atas tadi itu hanya untuk bus aja atau kereta juga ada pembagian tiket kaya gitu mas?

    Like

    • halo pieter..

      1. Kalau saya make paket student mawista yang paling murah.. saya lupa nama paketnya apa, tapi kalo gak salah bulan pertama sampai 12 biayanya 33 euro per bulan.. :D

      2. Monatskarte dibeli di otoritas transportasi yang bersangkutan (dalam hal ini DB). Adapun nama otoritas DB di daerah tertentu akan berbeda-beda. Sebagai contoh, di tempat saya (Aachen) nama otoritas transportasinya adalah ASEAG. Jadi, tiap bulan saya membeli tiket di ASEAG ini. :D

      3. kalau gak salah sih tergantung coveragenya yah, karena saya hanya coverage dalam kota, maka saya cuman bisa pake 1 jalur kereta jarak dekat, dan kebanyakan bus. Tapi ini di daerah aachen yah, saya kurang tahu juga di daerah kamu bagaimana.. ada baiknya kamu tanyakan hal ini ke tempat kamu beli tiket.. :D

      Like

      • oke deh Mas..makasih banyak saran2nya :D mantap semua
        ow ya 1 hal lagi:
        -wktu perpanjang Visa kita nanti dapet extend berapa lama?bisa 4 tahun langsung gitu atau tiap taun harus perpanjang lagi?

        Like

        • sippo.. :D

          biasanya sih antara 3 bulan – 1 tahun… atau, kalo kamu udah dapet kampus, biasanya akan dapet lumayan lama.. temen saya yang lagi s2 di RWTH Aachen ada yang dapet langsung 2 tahun, dari tahun 2013 sampe 2015… :D

          Like

  4. Mas Wahid, nyambung pertanyaan, jadi asuransi itu diurus setelah kita di Jerman nya ya? ga usa diurus disini? Ga kepake buat bikin visa kan? Makasi mas

    Like

    • halo steve..

      kalau saya mengurusnya di jerman, tapi kalau kamu mau ngurus dari indonesia juga bisa kok, asal masuk ke dalam list asuransi yang diakui oleh kedutaan jerman. Untuk list asuransi apa aja yang diakui, kamu bisa liat di website kedutaan jerman. :D

      Like

  5. Halo Kak, kalau aku mau sprachschule dulu sebelum studkol perlu langsung melakukan yang segera banget banget terutama yang Stadt anmelden ngga? karena aku daftar ke beberapa studkol dan belom pasti studkolnya mau dimana. Vielen Dank im voraus!

    Like

    • Halo prayudi.. yup.. Stadtanmeldung itu harus secepatnya kamu lakukan.. dan kalo ternyata kamu akan pindah kota, tinggal bilang kalo kamu mau pindah di kantor kota kamu yang lama, dan daftar lagi di kota kamu yang baru.. :D dan gak perlu khawatir ribet.. cepet kok prosesnya.. cuman 5 menit.. :D

      Like

      • Haloo Kak Wahid, okedeeh, aku rencananya gini nih, mau dtg bulan Mei ikut tmnku di Frankfurt 1 bulan dulu sambil cari tpt tinggal di kota tujuanku Hannover, krn aku ada sprachschule di Hannover bulan Juni. Kalau gitu aku Stadtanmeldung nya bisa di Frankfurt ngga? Oh iya, untuk pengaktifan rekening DB bisa dilakukan dimana saja atau di tempat yang kita tinggali saja? :D

        Like

        • Halau prayudi.. Kamu wajib melakukan stadt anmeldung setiap kamu tinggal di satu kota, artinya, ketika kamu datang di frankfurt juga wajib melakukan itu.. Dan nanti juga setelah pindah ke hannover.. :D Harusnya sih bisa yah di semua tempat yang ada deutsche banknya (CIMMW).

          Like

  6. hai mas wahid,
    aku sekarang udah sampai jerman nii..yeeeyy
    danke buat semua tips nya yaa.. ;)

    oh ya mas, aku mw tanya kan aku dapet Deutschland visa. karena aku masih sprachschule.
    trus aku udah ke stadtanmelden yg segera2 banget. sekarang aku lagi proses dokumenku di ausländerbehörde..
    yang mw aku tanyain visa Deutschland itu bisa untuk ke schengen country ga sih mas?
    atau kalo aku mw travel ke paris misalnya, aku harus apply visa lagi di kedubes Frankreich?

    danke dir im voraus mas..

    Like

    • Halo Imay..

      Senang rasanya tulisan saya dan kawan-kawan bisa berguna.. :D

      Harusnya bisa sih yah, karena yang kita apply itu visa schengen.. Dan terakhir saya ke belanda sih gak apa-apa (yah walaupun cuman perbatasan belanda sih).. :D

      Like

      • hi mas wahid..
        hehe iya mas apalagi fragebogen für studenbewerbung, ga nemu lagi tuh dmna2 selain disini… ;)
        mas tapi aku sprachschule disini ga pake schengen visa :(
        aku dikasihnya Deutschland Visum für studienvorbereitung ..
        itu bisa untuk ke schengen country ga sih mas spt schengen visum?
        atau aku harus sabar nunggu kartu dari ausländerbehörde?

        Like

        • Halo imay..

          hm.. kayaknya bisa ko.. kalo kata temen-temen di sini juga bisa buat dipake jalan-jalan ke selain jerman.. :D Tapi coba kamu tanya lagi aja kali yah sama yang berwenang.. jadi ragu juga saya kalo ditanyain.. :D

          Like

  7. Mas wid mau tanya kalau aku dapat schengen visa di kedua Perancis selama 3 Bln dari11 May 2013 sampai 10 Agustus 2013′ aku pertama keperancis setelah itu ke germany, nah bisa Ngak kalau aku gunakan visa aku balik ke Indo setelah tanggal 10 Agustus, misalnya 20 Agustus. Makasih atas infonya

    Like

    • Halo emon..

      Sebenernya saya gak begitu ngerti maksud kamu tentang “kedua Perancis”.. Tapi coba saya jawab aja yah.. Kalau kamu dapetnya untuk 3 bulan, dan mau balik setelah itu sebenernya bisa-bisa aja.. Tapi itu berarti kamu jadi tamu gelap di eropa.. Dan mungkin bisa dapet konsekuensi hukum.. :D

      Jadi.. Pilihannya ada di kamu sekarang.. Mau pulang on time tapi aman, atau pulang telat dengan resiko dapet konsekuensi hukum.. :)

      Like

    • Halo Emon..

      Eigentlich weiß ich nicht, was die Bedeutung von ihre Wort “kedua Perancis” ist. Aber ich werde probieren, deine Frage zu antworten. Hm.. Meiner Meinung nach sollen wir Punktlich zurück zu Hause gehen/fliegen. Das heißt, wenn Sie ein 3 Monaten dauerndes Visum haben, sollen Sie nicht mehr als 3 Monaten in der EU sein. Sonst werden Sie ein großes Problem haben. :)

      Like

  8. Mas wahid saya mau tanya mas, saya mau ke jerman ada student exchange gitu dari kampus, di kota wuerzburg tepatnya. Nah dari info yang saya dapet saya free biaya kuliah tapi living cost sama sewa dorm itu tetep tanggungan saya. Dan pertanyaanya buat visa nih, saya denger kalo mau stay disana 6 bulan saya harus deposit dulu kan untuk dapet visa nya, itu depositnya 4,020 euro apa 8,040 euro ya mas ? soalnya saya denger kabar2 kalo 8,040 euro itu kalo kita mau stay 1 tahun. Terima kasih

    Like

    • Halo reza.. Nah, itu pertanyaan bagus.. Dan saya gak tau jawabannya.. X_x Kemungkinan sih sama, tapi coba kamu cari tahu lagi di kedutaan.. :D

      Like

      • mas wahid mau tanya lagi, boleh minta tolong tips untuk cari kerja part time dijerman ? kira2 selain waitress bisa part time apalagi ya ? ada partime yang bisa pake bahasa inggris ? terakhir, apa saya boleh part time walaupun lagi tidak liburan ? (saya tidak terkait beasiswa dgn DAAD) thanks

        Like

        • halo reza.. saya belum bisa ngasih sekarang, karena waktu itu saya juga dikasih kerjaan sama temen saya.. :D Tapi kalau mau sih, coba banyak ngumpul sama orang Indo yang udah lama di Jerman, siapa tau mereka punya link. Sama jangan lupa buat bagusin bahasa Jerman kamu, karena mereka cuman bisa berbahasa Jerman.. :)

          Like

  9. Hallo mas yoka. Klo laptop kita ad stiker dr universitas yg punya agreement sm microsoft, kira2 aman lah y?
    Oia, dr Aachen hbf kan kita naek bis k tmpt tjuan. Nah, klo blm punya stdnt card kita bs beli tiket bis utk d dlm aachen g? Satu lg, klo dr frankfurt flughafen k aachen hbf mending naek ice lgssung (tp lama tgu jdwalny) atw yg pindah kreta (ice n RE). Kira2 murah yg mana y?
    Makasih byk yo mas yoka..:)

    Like

    • Hallo Rodiahwati..

      Saya gak tau aman atau nggak.. :D Tapi mungkin aman yah, selama masa berlakunya masih valid.. :D

      Kita bisa beli tiketnya di dalam bus kok (sementara kamu belum ada semester ticket atau Monatskarte).. :D

      Kenapa dari Frankfurt? Kamu gak nyoba turun di Bandara Düsseldorf aja? Jauh lebih deket loh.. :D

      Like

  10. holaa mas,,,

    aku mau cerita n minta pendapat atau saran atau apapun yg mas tau deh,, ttg telat perpanjang visa nih,, huhuu

    jadi gini,,

    aku dapet visa tgl 13 maret, jd aku pikir habisnya tgl 13 juni, teryata 90 hari itu tgl 10 juni

    seketika aku sadar, aku telat dan emang kesaahanku krn lalai utk extend (jgn diarahin plis)aku segera daftar termin dan baru dapet tgl 27 juni,

    nah gmn yah itu kira2?
    aku takut bgt nih,
    aku tgl 16juli aku angkat kaki dr german, harus pulang ke indo,

    mohon pencerahan..
    huuhuhuu

    Like

    • Halo leonita…

      kalau kayak gitu, kamu banyak-banyak berdoa aja.. Semua tergantung sama ABH kamu.. :D

      Like

  11. Hallo kakak2 saya mau nanya nih, saya sdh dpt visa gultignya tgl 1 agustus ini dan k daftarnya ABH nya d greifswald, apakah saya harus lapornya / anmeldungnya d greifswald ato boleh d tempat lain? Dan apakah saya boleh tinggal sekittar 1 bulan bukan d kota greifswald? Karena kan tgl 19 augst, saya tes dsana dan saya berangkat tgl 2 augstnya, saya beniat untuk tinggal di dekat kk saya dulu di kassel sekitar 1 bulan sampe penguman kelulusannya diberitahukan danke…

    Like

    • Halo G..

      Ini stadt anmelden yah maksudnya? Kalau saya rasa, sih gak masalah yah. Karena petugas untuk Stadtanmelden, dan Visa itu beda.. menurut saya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

      1. Jangan lupa kamu stadtanmelden di kota kamu domisili (yang 1 bulan itu), dan nanti abmelden/ummelden kalau kamu mau pindah ke Greifswald.

      2. Jangan lupa untuk segera buat termin untuk perpanjangan visa kamu di Greifswald (minimal banget 1 bulan sebelum visa kamu abis).

      Sepertinya kalau kamu ngelakuin 2 hal ini sih bakal aman-aman aja.. :)

      Like

      • Oh gitu ya kak, trus aku harus bawa persyaratan apa aja ya? Buat stadt anmelden? Tp benerangpp kan ya? Danke

        Like

        • Bawa aja paspor kamu.. :D Tapi kalau kamu takut kenapa2, bisa juga kamu bawa semua dokumen yang kamu punya. Gak akan segitu repotnya juga.. :D

          Like

      • Oh iya trus setelah sampe dsana misal sampe tgl 3, tgl 3 nya hrs udh anmelden ya? Itu pake termin gak ya?

        Like

        • Gak musti tanggal 3 juga sih sebenernya, tapi secepatnya.. :) Dan anmelden gak pake termin kok, tinggal datang aja ke stadtnya, trus bilang mau stadt anmelden. Paling gak nyampe 15 menit kelar.. :D

          Like

  12. hallo,
    untuk ngurus Krankenversicherung apa bisa dilakukan sebelum Stadt anmelden yah? Soalnya saya kan nyampe Jerman belom punya Wohnung tetap jadi ngga ada Mietvertrag dan sementara saya harus buru2 buat Krankenversicherung sebelum Einschreibefrist di universitas. Untuk bikin Krankenversicherung saya rencananya pake alamat temen saya dulu, baru nanti setelah saya dapet Wohnung saya ganti pake alamat saya. Danke :D

    Like

    • Halo Feliciakun..

      Bisa sih harusnya.. Tapi sedikit saran, kalau kamu belum punya tempat tinggal, kamu bisa pake metoda c/o kok..

      jadi:

      c/o nama temen kamu, alamat temen kamu.

      Saya dulu juga begitu.. Dan banyak pake c/o di berbagai administrasi dan formalitas.. Semoga membantu. :)

      Like

      • saya udah punya sih c/o alamat temen saya, cuman untuk Stadtanmeldung apa nggak perlu Mietvertrag ya? Bisa nggak ya misal saya pake alamat temen saya ini terus ngomong saya numpang tinggal di dia? Vielen Dank! :D

        Like

        • Bisa kok.. Karena stadtanmeldung itu sebenernya cuman lapor.. Kalau saran saya sih kamu menjawab dengan jawaban yang lebih diplomatis.. Dulu saya bilangnya untuk sementara di sana, karena sulit untuk mendapatkan tempat tinggal di kota tersebut. Saya bilang juga sih kalo saya akan lapor secepatnya saya dapet rumah.. :D

          Like

  13. Hallo, ada yang udah pernah pindah kota nggak ya?. Teman saya sekarang ini tinggal di Freiburg rencananya mau liburan ke Indo dan nanti balik lagi ke jerman tapi langsung pindah ke Berlin. Minta share pengalaman ngurusnya :
    1. apakah dimulai dari kantor kelurahan Berlin atau dari Freiburg?
    2. Berapa lama mengurusnya? karena rencananya dia akan balik ke Jerman sekitar 2 minggu sebelum visa berakhir dan langsung tinggal di Berlin. Jadi surat sewa rumahnya beralamat di Berlin.

    Minta share konco-konco semua ya. terima kasih.

    Like

    • Halo..

      Saya coba tulis ASAP yah.. Kebetulan kemarin baru ngurus-ngurus pindahan dari Aachen ke Paderborn..

      Like

  14. Halo mas Wahid,

    Btw sebelumnya thank you buat semua informasinya sangat membantu sekali dan akhirnya saya bisa sampai di Jerman juga. Oh iya mas, saya mau tanya. Itu yang masalah pembayaran untuk uang visanya, kalo dikasih cas bisa gak ya? soalnya kemungkinan aku blm dapet atmnya pas hari H termin visa aku. Apa emang harus pake atm ya bayarnya? oh iya mas, pas pengurusan perpanjangan visa ini kira2 kalo pake bahasa inggris mereka bisa gak ya? soalnya bahasa jerman aku masih jelek banget.

    Like

    • Halo Ichie.. sama-sama.. :)

      bisa kok.. emang cash deh kalo gak salah.. :D

      Kalau pake bahasa inggris, tergantung kamu di kota mana.. Tapi kebanyakan sih gak bisa.. :D Saran saya, pelan-pelan aja ngomong jermannya, gak apa kok mereka juga.. Itu jauh lebih mereka hargai daripada kamu ngomong bahasa inggris.. :D

      Like

  15. kak, mau tanya tentang asuransi, kalau aku mau sprachkurs dulu +- 4 bln, setelah itu studkoll, asuransinya sama atau engga ya? maksudnya aku daftar mawista buat language student (4bln), setelah itu harus daftar mawista lg untuk student atau waktu studkoll kita harus pake asuransi yg direkomendasikan sama studkoll? atau tetep bisa pake mawista tp dengan mengubah status kita? (dari language student ke student) terima kasih.

    Like

    • Saya kurang tau yah, soalnya saya gak pernah studkol di Jerman. Tapi kalo dari visanya sih sepertinya sama. Secara kalo gak salah studkol belum termasuk visa student.

      Like

  16. halo smua

    mau tanya donk…

    wajar ga kalo udah 3 minggu gw belom dapet kartu ATM dari Deutsche Bank?

    Like

    • Halo Adrian..

      Biasanya sih sekitar 2-3 minggu yah.. Untuk amannya coba kamu tanyakan lagi ke pihak DBnya.. Dulu saya juga pernah lama sampainya, dan ternyata ada sedikit kesalahan di sana (baru tau setelah nanya ke mereka).. X_x

      Like

  17. Maaf min agak OOT, fungsi telefonbanking itu gmn ya ?
    trus klo nomer PIN buat kartu atm DB dikirim paling akhir” ya ? soalnya saya ud dapet kartu atm,nomer tan,online banking,telefonbanking tapi rasanya blm dapet tuh PIN buat kartu atm nya
    oh iya skedar ngasi tau atas saya, ini saya baru skitar 2 minggu kurang uda dapet kartunya,coba samperin DB aja tuh

    Like

    • Halo Andy.

      Telefonbanking saya gak buat. :D PIN dikirimkan secara terpisah dari kartu ATM (beda beberapa hari/minggu). Saran saya kalau salah satu dari PIN atau ATM ada yang gak sampe selama 3 minggu, kamu coba samperin lagi aja DBnya. Dulu saya juga pernah kejadian seperti itu soalnya. :)

      Like

      • ow saya kirain apa :D
        itu daftarin diri ke KJRI wajib dateng langsung ya ?
        trus di hamburg bisa kan ?
        ty

        Like

        • yup. datang langsung. bisanya di KJRI atau KBRI. Atau kalau pun mau di kota kamu, bisa aja kalau KJRI atau KBRI lagi bikin “warung konsuler” di kota kamu. :)

          Like

      • oh oke”.
        mau nanya skalian masi agak bingung soalnya,
        saya denger dari orang” selama 2 tahun itu kita (yg mau ambil s1) uda harus dapet uni ya ? nah 2 tahunnya itu diitungnya dari mulai kapan ? soalnya kan saya pakenya visa kursus bahasa yg dapetnya 3 bulan aja, jadi diitungnya dari pertama ane nginjek kaki di jerman / setelah pertama memperpanjang visa di jerman / gimana ?

        Like

      • kalo misalnya ntar saya masi di tengah” stk dan uda terhitung 2 tahun
        bisa minta perpanjang ga ya ?

        Like

  18. halo mas Yoka. Kira2 utk buka bank account apa bisa ngisi pakai alamat c/o? **misal kita belum dapet Wohnung dan udah lama nyari tapi masih belum dapet.

    Like

    • Hm.. Ini urusannya kalau udah di Jerman yah? Bisa sih yah mungkin, soalnya rekening DB saya juga alamatnya c/o. :D

      Like

Comments are closed.