Kuliah Gratis di Jerman, Mitos atau Fakta?

Halo.. Berhubung belakangan ada beberapa teman saya yang bertanya apakah kuliah di Jerman gratis atau nggak, saya jadi kepikiran buat bikin tulisan tentang hal ini (berdasarkan pengamatan saya selama di sini).. :D Hm.. Gimana buatnya yah.. Ah.. Saya tau!!! Saya bikin kayak tanya jawab aja deh.. :D Okeh.. Pertanyaan pertama:

Eh eh eh.. Katanya kuliah di Jerman gratis Yah? Bener gak sih?

Well.. Sebenernya ini tergantung definisi kamu gratis itu apa dulu yah sebenernya… Kalau maksud kamu bener-bener gak keluar uang apa pun untuk kampus selama satu semester, jawabannya NGGAK! Karena biasanya kita harus membayar sejumlah uang (biasanya sekitar 200an euro) setiap satu semester.. :D Yang perlu dicatat adalah:

Uang ini tidak dipergunakan untuk membayar uang SPP (tuition fee) kita, melainkan untuk membayar semester ticket, dan lain sebagainya.

Nah, si semester ticket ini biasanya bisa kita gunakan untuk melakukan perjalanan satu negara bagian secara gratis!!! Mau naik kereta, atau bus… Pokoknya kita bebas untuk melakukan perjalanan di dalam satu negara bagian tempat kampus itu berada dengan menggunakan semester ticket ini.. :) Oia, ini berlaku dengan asumsi kamu masuk kampus milik negara yah.. Bukan yang swasta.. :D

Oia, peraturan ini juga berlaku untuk jurusan yang di Indonesia mahal loh.. Seperti jurusan kedokteran misalnya… Di RWTH Aachen (contoh), biayanya akan sama dengan biaya jurusan lainnya (total 200an persemester).. :D

Serius tuh? Kok katanya temen saya yang kuliah di Bayern, per-semester-nya di suruh bayar 500 euro an lebih yah?

Ah iya.. Saya lupa.. Tentang tuition fee gratis itu, gak di semua negara bagian yang ada di Jerman loh.. Di negara bagian seperti bayern misalnya, mereka memberlakukan bahwa siswa harus membayar tuition fee per semesternya sekitar 500 euro (saya lupa ini udah termasuk semester ticket atau belum).. Tapi, tetep aja itungannya relatif murah (untuk mendapatkan kualitas pendidikan nomer satu) dibandingkan dengan negara maju lainnya (Inggris, Belanda, atau Amerika misalnya).. :D

Ho.. Gitu.. Berarti harus kita check dulu yah tiap kampus yang mau kita masukin, berapa uang yang harus kita bayarkan tiap semesternya?

Yup!!! Dan itu dia fungsinya internet.. Tinggal kamu buka web kampus yang mau kamu masukin di Internet, dan kamu bisa liat di sana berapa biaya yang harus kamu bayarkan per semesternya.. :D

Oia, ada lagi gak yang harus saya tau?

Hm.. Apa lagi yah… Oia.. Rule gampangnya untuk tebakan dasar apakah sebuah kampus bayar atau nggak.. Kamu bisa menggunakan rule di bawah ini:

Selain negara bagian Bayern, biasanya tuition fee = 0 Euro.. Dan biaya yang harus di keluarkan per-semester-nya (untuk semester ticket, dll) biasanya akan sekitar 200 Euro..

Dan itu dia edisi Mythbuster dari Jermandes tentang gratis atau tidaknya kuliah di Jerman.. Semoga bermanfaat.. :D

———

Update (12 Mei 2013):

Kabar terakhir (dari Indra), katanya Bayern udah gak disuruh bayar tuition fee lagi.. Monggo diliat di:

http://www.studis-online.de/HoPo/art-1530-bayern-studiengebuehren-weg.php

69 responses to “Kuliah Gratis di Jerman, Mitos atau Fakta?

  1. Hallooo, aku mau tanya dong kalo univ design di München kira2 yang bagus dimana ya? aku buta banget buat nyari univ disana. udah coba klik klik di google tapi masih belom nemu yang pas dan bagus. Terimakasihhhh :D

    Like

  2. Pagiii,, mau tanya donk bagaimana cara buat surat keterangan keaslian ijasah ƳϞƍ dikeluarkan oleh sekolah,, ada format nya ga ? Atau link contoh format nya,, sbg info anak saya mau daftar di stk,, katanya harus lampirkan surat keterangan keaslian ijasah nya (dikeluarkan oleh sekolah) dalam bahasa inggris,, benar ga mas yoka ? Makasi ya atas bantuan nya

    Like

    • Halo bu emily..

      Surat keaslian ijazah itu maksudnya legalisir yah? Kalau legalisir sih tinggal dateng aja bu ke sekolah, mereka udah tau kok bakal digimanain.. :D Ntar kalau udah dilegalisir, hasil legalisirannya baru diterjemah ke bahasa inggris/jerman.. :D

      Like

  3. Bukan mas maksudku format utk surat keterangan dari sekolah ƳϞƍ menyatakan keaslian ijasah tsb,, karena ƳϞƍ sy dpt info utk apply ke stk Mainz hrs melampirkan surat keterangan ƳϞƍ menyatakan keaslian ijasah tsb,, nah adakah format dlm bhs inggris nya ? Tapi saya juga mau tanya sm mas yoka apakah benar syarat tsb ? Krn ƳϞƍ sy baca blog2 mas yoka selama ini , syarat melamar ke studkoll kan hanya, legalisir ijasah,raport kls 3 (2smester), SKHUN dan akte,, nah sy dpt info lagi,, kalau utk daftar di Mainz atau frankfurt dan sekitarnya hrs melampirkan juga surat keterangan dari sekolah ƳϞƍ menyatakan keaslian ijasah nya (dalam bhs inggris) apa betul mas ? Karena katanya diperlukan surat tsb,, indonesia dikenal suka memalsukan ijasah,, ini mas ƳϞƍ jd kesulitan sy, utk format standart nya,, mohon saran n pencerahan nya,, makasiiii

    Like

    • Hm.. Gak tau juga yah bu kalo itu, karena saya belum pernah buat (s2 gak perlu pakai itu). Tapi coba ibu tanya ke rara di bagian studienkolleg, dia punya pengalaman yang jauh lebih banyak daripada saya kalau masalah studienkolleg. :D

      Oia, kalau nggak, coba ibu tanyakan aja gitu ke studkol yang ada di mainz tentang contoh surat tersebut.. Yang ada di otak saya sih ada 2 kemungkinan

      1. minta dari sekolah (biar formatnya mereka yang pikirin)
      2. minta ke dep. pendidikan.

      kalau dikasih bahasa indonesia, berarti setelah itu harus diterjemah lagi ke bahasa inggris/jerman. :D

      Maaf gak bisa membantu banyak, karena saya juga baru denger soal ini. X_x

      Like

  4. Mas yoka maksudku bukan legalisir,, format surat keterangan atas keaslian ijasah tsb (dlm bhs inggris) ƳϞƍ dibuat oleh pihak sekolah,, nah aku cari2 format tsb ga nemu2,, tapi aku jd ragu,, apa benar hrs melampirkan srt tsb,, secara kan sdh d legalisir,, abis aku dpt info kalau mau daftar di Mainz atau frankfurt dan sekitarnya, sementara aku liat blog mas yoka,, ga ada tuh syarat nya itu,, kan hanya ijasah, skhun, raport kls 3,, kurang lebih gitu kan ♈âââ..,, mohon mas yoka bantuan nya,, bener apa ga niih syarat tambahan itu,, makasii yaa

    Like

    • Maaf mas yoka,, sampai 2x reply nya ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ saya kira ga ke kirim,, okey mas makasi atas balasan nya,, saya coba tanya ke rara,, sukses ya mas Yoka,, ohya boleh aku minta email mas Yoka /mas Wahid,,

      Like

      • Gak apa-apa bu.. hehehe.. :D Duh maaf banget bu, saya gak buka kontak pribadi.. X_x

        Like

    • Iyah, maksud saya ibu coba minta aja surat keterangan ke sekolah atau diknas bahwa ijazah itu benar, dan baru diterjemah ke inggris/jerman surat keterangan yang tadi (siapa tau sekolah atau diknas gak bisa bikin surat dalam bahasa inggris). trus Kalau benar atau nggaknya saya gak tau bu.. Karena saya gak bisa tau juga semua syarat2 yang dibutuhin.. Tapi baru denger kalo butuh itu.. Ada kemungkinan bener juga sih.. Tiap univ/studkol punya masing-masing peraturan soalnya.. Jadi gak ada peraturan yang general sebenernya.. So, kalau emang tertulis di webnya, berarti emang harus diikutin.. :D

      Like

    • Halo Mindy..

      Karena saya (dan teman-teman saya) gak ada yang kuliah di bidang itu, jadi saya kurang tahu.. Maaf gak bisa membantu.. :(

      Tapi coba kamu buka web DAAD, dan search kuliah berdasarkan jurusan yang kamu mau. Di sana kamu bisa coba buka satu-satu, dan memutuskan sendiri di mana kampus yang bagus.. :)

      Like

  5. apakah biaya hidup di tanggung sendiri atau gimana? dan apakah StudKol itu gratis juga di negara bagian yang gratis?? Mohon pencerahannya yak bang :-D

    Like

    • Halo Mochamad Setyadi..

      Biaya hidup ditanggung sendiri (dari orang tua, beasiswa, atau bekerja sambilan di sini).. Karena yang saya bahas di sini adalah untuk tuition feenya.. :D Kalau untuk biaya studkol tergantung kota, dan studkol kamu.. Tapi kurang lebih berkisar 250an Euro (kata temen saya yang pernah studkol di Jerman). :)

      Like

      • studkol bayarnya pertahun? dan cara mendaptarnya langsung dari kampusnya bang? sory ya bang nanya lagi :-D

        Like

        • Per semester.. Cara mendaftarnya silakan liat di websitenya masing-masing. Atau buka web ini bagian studkol, dan baca tulisan serta komen2nya. :)

          Like

        • oke makasih bang studkolnya baryar tapi kuliahnya cuma semester tiket kan bang?

          Like

      • hah bayar studkol sudah termasuk semester tiket? bang universitas apa aja yg gratis di jerman?

        Like

    • Halo kris..

      Thx buat infonya.. Barusan udah saya liat linknya.. Sepertinya emang udah diapus.. :D

      Like

  6. Saya rencana akan melanjutkan studi di jerman tahun depan. Mau tanya, bener gaksih harus punya uang jaminan di rekening sekitar 8000 euro? Kalo kurang dari itu apa visanya ditolak? Vielen dank :D

    Like

    • halo mtshazr28…

      Silakan baca blog ini dari awal.. Jawabannya ada di sana.. :)

      Like

  7. kalau kuliah manajemen bisnis/hubungan internasional yang bagus di Jerman dimananya? Umm persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar apa aja?

    Like

    • Halo Reiner.. Karena saya anak IPA, maka saya gak tau di mana tempat belajar manajemen yang bagus di sini.. :D Btw, silakan kamu baca blog ini dari awal, untuk tau jawaban dari pertanyaan kamu.. :)

      Like

  8. Hello, being glad to be here. I wanna ask you something about doing a part time job while studying there. So, is it O.K to be done by students having been studying there? I mean, as i know, some students just got visa to studying not to do other things, namely taking part time jobs or working. If it is allowed, does it need some supporting stuffs to collect and have? Thanks for your help! :)

    Like

    • Hallo Cupid..

      You can search that thing in our blog with keywords “kerja sambilan”. Just use the search facility on the left side.. :)

      and nope, no supporting stuffs needed. :)

      Like

  9. kak tanya doong :) syarat untuk bisa kuliah di univ jerman apa aja yaa :) terimakasih

    Like

  10. Kak.Punya twitter atau fb gak?Saya punya bnyak prtanyaan nih..
    Twitterku : @noon_person.Tolong dibantu yah.prok prok prok.

    Like

    • Halo Hidayat Thamrin..

      Silakan tanya saja di blog ini kalau ada yang ingin ditanyakan.. :)

      Like

  11. Sbenernya beasiswa ke Jerman apa aja ya kak?Slain Erasmus Mundus dan DAAD,dan bedanya apa antara satu dgn yg lain?Sy bru naik klas 3 SMA,tpi pengen banget S1 dijerman,bsa gak ya..Thanks:)

    Like

    • Udah liat di blog ini bagian beasiswa? Ada beberapa alternatif di sana.. :) Sayangnya kalau mau S1 gak bisa modal “dengkul” doank ke sini.. Harus nunggu pas S2 kalau mau.. :(

      Like

  12. Kak wahid kira2 biaya hidup+semesteran Studkol di Jerman lbih mahal dr studkol di Indo pa g ya? ( klo di Indo per semester 30Jt ) how about german? Trimakasih…

    Like

    • Halo Ridho..

      Jauh lebih mahal di Jerman.. coba aja kamu kalikan 550 euro (biaya rata-rata tinggal di hemat di Jerman, walopun bisa lebih hemat lagi) dengan 6 bulan (+ bayaran semester sekitar 200an euro).. :)

      Like

  13. ka wahid ak mau tanya klo kuliah di german kan cmn bayar uang per semesternya, nah klo untuk uang pangkal kuliah disana itu ada gak sh ya? kan klo di indonesia mau masuk univ mesti pake uang pangkal+uang semester dan uang sks. klo di german apakah begitu juga?

    Like

    • Halo Jeand..

      Sepanjang yang saya tahu, di univ negeri yang ada di Jerman tidak ada yang namanya uang pangkal, dan uang sks seperti yang ada di Indo.. Kamu cukup bayar uang semesteran aja.. Di mana ini besarnya sekitar 200an euro per semester (biasanya).. :)

      Like

  14. Halo mas, aku mau nanya. Biayanya gratis kan? Dan bisa kerja part time? Disana pake bah. Apa? Jerman atau inggris? Biaya hidup mas setahun disana berapa?

    Like

    • Halo Lee jin nie..

      Pertanyaan kamu tentang biaya sebenernya udah banyak saya jawab di blog ini.. Silakan baca lagi yah.. :)

      Untuk bahasa, kalau akademik tergantung jurusan yang kamu ambil. Tapi kalau S1 pasti bahasa jerman. Kalau untuk sehari-hari, pakai bahasa jerman, termasuk untuk kerja part time. :)

      Like

  15. Infonya bermanfaat, mau nanya kak, kakak kan pernah kuliah di jerman, tentu tau biaya hidup di sana pertahunnya kira2 berapa? Maaf sebelumnya saya masih awam tentang jerman dan lg mencoba menganalisa biaya hidup antara kuliah di jerman dan indonesia

    Like

    • Halo Lita..

      Saya kebetulan belum pernah kuliah di sini, dari oktober tahun kemarin baru persiapan, dan insya allah masuk oktober tahun ini… :) Biaya hidup pertahun bisa kamu liat di postingan2 kamu yang lain, atau di lembar faq. :)

      Like

  16. Halo salam kenal..

    Oya, sdara saya katanya Kuliah di Berlin untuk kedokteran gratis, tapi harus ada kursus bahsa jerman dlu kurang lebih setahun katanya.

    Apa benar di Berlin ada kampus yang benar2 kuliah gratis. Kecuali biaya hidup aja katanya. :)

    Thanks.

    Like

    • Halo Fajri..

      Silakan kamu check website dari masing-masing kampus untuk keterangan lebih lanjutnya.. :)

      Like

    • Oia, biasanya kampus di sini emang gratis (yang negeri), kalaupun ada biaya, itu biasanya berkisar antara 200an euro, dan digunakan untuk social contribution, dan semester ticket.

      Like

  17. ka wahid mau tanya lg nih..
    maaf ya ka penih2in koment hehe
    ka, saya kan mau di leibniz universitat hannover dia termasuk negri apa swasta ya?
    dan klo dijerman pasti bsa partime ga ya ka?
    kira2 klo jurusan kedokteran bsa abis brp lama kuliah ka?
    trimakasih ka :)

    Like

    • Kalau gak salah negeri deh.. Tapi coba kamu check lagi.. :D

      Bisa kok part time..

      Kalau kedokteran kalau gak salah 7 tahun, tapi masalahnya, kalau kedokteran keknya agak susah part time, karena jadwalnya padat.. :D Cuman sih bisa-bisa aja part time.. Tapi lebih lama lulusnya kali yah.. :)

      Like

  18. Asswr wb. Maaf mau nanya nih mas, kalau di Aachen (kalo gak salah) gak ada jur automotive ya mas, adanya tehnik mesin? kira2 bedanya jauh gak?
    trus untuk perbandingan Aachen sama Hannover biaya hidupnya beda jauh gak mas. Oh ya kalau stukolnya di Hannover trus kuliahnya Aachen gak papa ya?
    terima kasih

    Like

    • Halo Enab A. Salam..

      Saya kurang tau tentang bedanya, karena bidang saya bukan di situ. Mungkin kamu bisa lihat di websitenya. Ada kurikulumnya, dll harusnya. :D

      Saya belum pernah hidup di Hannover, tapi kalau di aachen, dan masak sendiri, bisa berkisar antar 450an sebulan.

      Bisa kok, studkol dan uni/FH gak harus di satu kota/negara bagian. :D

      Like

  19. saya kan udah sempet tanya2 ke euro management.. dan kepengurusan mereka tuh mahal bgt sktar 160 jt.. blm blocked accountnya sktar 120an jt..
    sbnernya bs ga kalo aku urus semuanya sendiri?
    kalo iya, kira2 cr apply uni kesananya gmn ya? thx..

    Like

    • Bisa kok, kenapa nggak? Saya ngurus semuanya sendiri. Rara juga. Asal kita mau aja berusaha. :) Dan kamu bisa mulai dengan membaca-baca isi blog ini dari awal. Semua udah ada di sini seharusnya. :)

      Like

  20. Hallo….numpang nanya….apa ada buku2 penunjang buat latihan bahasa jerman untuk anak2 SMA selain KONTAKTE DEUTSCH?

    Like

  21. halo saya mau nanya, berarti kalo kuliah negeri di jerman, selain bayar semester ticket, semuanya no fee ya? kalo misalnya kita tinggal di asramanya gitu, bayar brp ya kira2? terima kasih

    Like

    • Asrama biasanya berkisar 200-250 euro. Uang semesteran (termasuk di dalamnya semester ticket) sekitar 250.

      Like

  22. Karena saya pengajar di kampus,saya berencana mendapatkan beasiswa untuk studi S3 d jerman dan yang saya tahu ada 2 tipe S3 di jerman yaitu full disertasi di kampus [otomatis menjadi asisten profesor utk mahasiswa S1/S2 atau melakukan penelitian di industri dg rekomendasi dr profesor [dapat salary], pertanyaan saya: berapa penghasilan menjadi asisten prof dan salarynya jika melakukan riset di industri??

    Like

    • Kalau teman saya yang kerja di Institut kampus RWTH Aachen bersihnya sekitar 2000an euro sebulan.

      Like

Comments are closed.