Beasiswa Ke Jerman

Pada dasarnya pemerintah Jerman sudah memberikan beasiswa kepada setiap orang yang mengecap pendidikan tinggi di Jerman. Hal ini bisa dilihat dari biaya tuition fee yang relatif murah dari kampus-kampus yang ada di sana, yaitu rata-rata 0-500 euro per semester (bandingkan dengan negera lainnya yang tuition feenya mencapai ratusan juta rupiah per semester).

Namun demikian, disamping beasiswa merata tersebut, masih ada program lainnya yang menawarkan beasiswa untuk kita sekolah di Jerman. Di bawah ini kami coba untuk mendaftar beasiswa apa saja yang ditawarkan menawarkan pendidikan ke Jerman.

1. DAAD Jakarta

DAAD adalah organisasi bersama dari institusi pendidikan tinggi dan asosiasi mahasiswa Jerman. Tujuan kami adalah meningkatkan kerjasama akademis di seluruh dunia, terutama melalui pertukaran mahasiswa, akademisi dan ilmuwan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program dan pelayanan DAAD secara umum, silakan mengunjungi :

http://www.daadjkt.org/index.php?home-bahasa-indonesia

2. Debt Swap 5000 Doctor

Program Debt Swap adalah program pengurangan jumlah hutang luar negeri Indonesia. Dalam rangka mengurangi jumlah hutang Indonesia kepada Jerman, khususnya dibidang pendidikan. Kemdiknas mengajukan usulan Debt Swap VII (Program Beasiswa IGDS : Indonesian-German Doctoral Scholarship) dengan tujuan untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi di Indonesia (dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM)). Informasi selengkapnya bisa dilihat pada:

http://ds5k.kemdiknas.go.id/?show=beranda

3. Beasiswa Dikti

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Untuk lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa dilihat pada :

http://beasiswa.dikti.go.id/

4. Beasiswa Erasmus Mundus

Beasiswa ini merupakan beasiswa dari EU. Untuk lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa dilihat di:

http://ec.europa.eu/education/external-relation-programmes/mundus_en.htm

http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/index_en.php

5. Beasiswa LPDP

Beasiswa ini merupakan beasiswa dari pemerintah Indonesia. Yang menarik dari beasiswa ini adalah: beasiswa ini bisa diapply sepanjang tahun! :D Untuk lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa dilihat di:

http://www.beasiswalpdp.org

75 responses to “Beasiswa Ke Jerman

    • Halo yola..

      Sayangnya kalo buat S1 jarang banget.. Setau saya harus nyampe ke sini dulu, baru ada. Yang pada intinya kamu butuh modal untuk 2 tahun pertama.. :)

      Like

  1. Kalau tanpa beasiswa,kira2 berapa kisaran biaya hidup plus pendidikan per tahun di Jerman ya? dan apa betul untuk apply di universitas Jerman, kita harus terlebih dulu menguasai bahasa Jerman? apakah testnya menggunakan bahasa jerman? dan ada nggak univ yg bahasa pengantarnya Inggris di sana? terimakasih… mohon bantuannya

    Like

    • Halo anita, kalau emang kamu niat mau ke sini. Silakan kamu baca blog ini dari awal, jawaban pertanyaan kamu udah kami berikan semua di sini. :)

      Wish you the best of luck.. :)

      Like

  2. kak wahid biasanya lembaga pendidikan atau sawadana indonesia yang setiap tahun pasti mengeluarkan beasiswa ke jerma apa ya kak mohon bantuanya

    Like

    • Halo Aziz..

      Kalau dari Indonesia kurang tau saya..

      Tapi kalau dari Eropa sih DAAD atau Erasmus Mundus biasanya selalu mengeluarkan.. :)

      Like

  3. di mana mama klo beasiswa kita harus kuliah dulu.. minimal semester 2 atau d3,, baru deh bisa ikuttan..

    Like

    • Halo Yunis.. Saya belum pernah mendengar beasiswa yang kamu maksud, dan jujur saya tidak mengerti yang kamu tanyakan.. :)

      Like

  4. assalamualaikum gan ,saya mau tanya dan minta saran saya mahasiswa unj jurusan teknik mesin ,saya pengen lanjutin s2 di jerman ,saran abang wahid gimana ya insyaallah saya lulus 3,5 tahun lagi ,terus apa aja yang harus saya siapkan buat tes beasiswa DAAD ? terimakasi wassalam

    Like

    • Waalaikum salam warahmatullah wabarakatuh.

      Saya coba kasih saran yang netral aja yak, berdasarkan pengalaman saya sejauh ini. 3.5 tahun saya rasa akan cukup menjamin kamu bisa lanjut ke Jerman kalau memang kamu bisa konsisten dan gak main-main.

      1. Cintai jurusan kamu, dan kembangin kemampuan kamu di sana semaksimal mungkin. Baca text book dari univ2 oke di luar negeri (jangan baca yang dari dalam negeri aja). Dan coba kamu ikutin video2 tutorial yang ada di berbagai web online learning, misal: coursera atau edx. Perlu diingat bahwa tujuan kamu ingin sekolah ke luar negeri, dan karenanya harus mulai berpikir di luar kebiasaan Indonesia. Kamu harus nyaman belajar dengan menggunakan bahasa inggris. Belajar lah bukan untuk nilai, tapi karena kamu suka.

      2. Belajar bahasa inggris yang bener, karena mulai banyak kelas bahasa inggris yang dibuka di sini. Seberapa bener? Let’s say toefl paper based > 560, dan IELTS >= 6.5. Gak musti les kok. Saya gak pernah ikut les, selama kuliah, tapi bisa lancar2 aja. Caranya gimana? Banyak-banyak baca buku bahasa inggris, dan nonton film2 bahasa inggris tanpa subtitle. Jangan khawatir, kamu punya waktu 3.5 tahun buat ini.

      3. Mulai belajar bahasa Jerman, minimal sampai dapat sertifikat ujian goethe B1.

      4. Persiapin tes GRE sedari sekarang (setengah – 1 jam per hari cukup).

      5. Mulai buka-buka situs univ yang mau kamu masukin. Kamu bisa dapet gambaran lebih dari sering-sering buka itu.

      6. Mulai susun CV dan Motivation letter kamu (belajar cara membuatnya yang baik dan benar dari internet). Belajar juga LaTeX, dan LyX, sebisa mungkin dokumen aplikasi jangan dibuat pakai microsoft word atau open office. Jangan lupa cari-cari juga dosen untuk surat rekomendasi.

      7. Banyak-banyak berdoa, dan baik sama orang tua (terutama ibu). Percaya atau nggak, akan banyak ada keajaiban kalau kita dapet restu dari orang tua kita.

      Emang panjang sih daftar yang harus disiapin. Tapi kamu masih punya banyak waktu. Dan kalau kamu bisa siapin apa yang di atas, dapet beasiswa tinggal masalah waktu aja. ;)

      Btw percaya deh, sekolah ke luar negeri akan sangat menyenangkan. Kamu akan mendapatkan lebih daripada sekedar ijazah di sini. Dan saya harap kamu jangan jiper dengan list di atas. Karena kalau kamu aja udah jiper, gak akan ada yang bisa membantu kamu lagi. :)

      Wish you the best of luck. :)

      Like

    • oh indra , mau ke german juga, saya rosita ikk 2012
      salam kenal

      mas saya juga mau tanya, untuk jurusan family wellfare di sana ada gak yah?

      Like

  5. terima kasih banyak bang wahid , tapi selama 3,5 tahun nanti saya masih perlu bimbingan abang wahid caranya gimana ? jujur saya jadi lebih semangat lagi nih . ,boleh minta gambaran univ apa aja yang sesuai dengan jurusan saya di jerman ,.maaf banyak nanya

    Like

    • Sama-sama. Kamu gak perlu bimbingan siapa-siapa kok sebenernya.. Yang ada di sini sudah cukup untuk jadi dasar kamu ke sini. Paling tinggal implementasi dari niat kamu, dan cari informasi-informasi pelengkapnya. :) Kalau untuk kampus. Coba kamu browsing2 sendiri yah. :) Good luck.

      Like

  6. Saya mau tanya, utk pendaftaran beasiswa tsb apakah harus sudah diterima di salah satu kampus atau bagaimana.
    mohon tanggapannnya
    terima kasih

    Like

  7. Wow, great information..
    hmm, kalo misalnya information technology & management ato MBA untuk S2 di German ada gak ya? Tapi yang fully English soalnya gak ngerti bahasa Jerman sama sekali, :(

    Like

    • Hallo, kalau selama SMA ada namanya PASCH Schulen: Partner der Zukunft punyanya Goethe Institut, saya salah satu mantannya, tapi kebetulan program ini khusus untuk SMA yang bekerja sama dengan Goethe, 1 bulan belajar bahasa gratis di Jerman, coba aja kamu cari sendiri siapa tahu SMA kamu termasuk :)

      Like

  8. Kalau soal transportasi kereta (DB Bahn) katanya untuk mahasiswa gratis ya? asalkan menunjukkan KTM kalo mahasiswa Jerman? *konfirmasi

    Like

  9. di sekolah gue itu, ada pelajaran bhs jerman. jadi darisana, gue banyak belajar dan mulai tertarik. gue juga pernah ikutan olimpiade jerman meskipun ga menang :D
    sekarang gue masih sma, dan yang mau gue tanyain itu ada gak persyaratan khusus ga buat dapetin beasiswanya ? danke :)

    Like

    • Setahu saya, beasiswa ke Jerman itu banyak untuk S2 dan lebih banyak lagi untuk S3. Bisa kunjungi website pemberi beasiswanya dengan googling DAAD Jakarta.

      Like

  10. Kak, saya lihat beasiswa yang ditawarin sama daad kebanyakan tentang sains dan bisnis. Kalau beasiswa untuk bahasa jerman di univ jerman ada gak?

    Like

  11. bos, kalau mau ddapetin beasiswa s2 di jerman biasaanya harus ada pengalaman kerja,. 1 atau 2 tahun yah ?

    Like

  12. hallo bang wahid . saya kan udah lulus sma thn 2010 bisa ga sih dapetin beasiswa ke jerman ? mimpi dari kecil bersekolah di luar negeri terutama jerman . terus ada ga beasiswa di bidang seni ? design ada ga ? pleasee help me i’m desperate :( mesti kuliah dulu ga sih untuk dapetin beasiswa ? hope you read and reply this . thank you

    Like

    • Hallo pitaa,

      saya bantu jawab, mungkin admin Wahid baru bisa OL nanti. Sudah banyak pertanyaan seputar beasiswa studi di Jerman. Tapi sayangnya, sejauh yang saya tahu untuk beasiswa mahasiswa S1 sangat terbatas baik dari Indonesia atau dari Jermannya. Kebanyakan beasiswa dimulai dari S2 sampai S3. Kalau mau dapat beasiswa S1 ya harus ke Jerman dan jadi mahasiswa dulu di Universitasnya baru bisa daftar beasiswa di Jermannya…

      Like

      • ooh gitu yaa:( thanks atas jawaban nya . apa berarti semua beasisiwa s1 ke luar negeri sperti itu harus kuliah dulu di univ baru bisa daftar ? that’s sucks :( hanya untuk orang mampu aja dong klo gitu

        Like

        • ya kebanyakan begitu. Mending S1 di Indonesia dulu. Di Indonesia beasiswa S1 masih ada. Wajar kalau pemberi beasiswa banyak memberikan beassiwa ke S2 atau S3. Kalau S1 4 tahun sama dengan beasiswa 2 siswa S2, karena estimasi waktunya S2 2 tahunan…

          Like

  13. Hallo!
    Saya Ofi, fresh graduate jurusan sastra Jerman. Pengen banget lanjut S2 Germanistik/Deutsch als Fremdsprache di Jerman atau DACH (yg berbahasa Jerman). Tapi kalo saya baca2, kok sepertinya semua tawaran persyaratannya harus ada pengalaman kerja dulu ya? Ato untuk dosen2 gitu. Tawaran yg selain persyaratan itu kira2 ada gak ya??
    Thanks before :)

    Like

    • wah ini harus ditanyakan ke pihak jurusan di Universitas tujuan dengan mengirim E-mail. Karena kita ga bisa kasi jawaban dengan mengira-ngira. Coba cari Universitas lain, coba di googling lagi…

      Like

  14. halo, ada yang tau ngga ya kalo DAAD itu apa kita harus keterima dulu baru bisa apply scholarship nya?? makasih..

    Like

    • setahu saya semua di DAAD itu satu paket sama di Universitas mana. Jadi apply via DAAD sudah termasuk ke Univ TUjuan…

      Like

  15. assalamualaikum wr wb,kak,saya rayhani pelajar kelas 8,saya ingin bertanya kak,sekitar 5 tahun lagi saya akan kuliah,apa yang harus dari sekarang saya pelajari agar bisa mendapat beasiswa jerman ini?terima kasih

    Like

    • wah sudah banyak yang bertanya mengenai beasiswa buat mahasiswa S1. Tapi sayangnya beasiswa yang tersedia tidak banyak kecuali kamu ke Jerman dengan biaya pribadi dulu. Disana banyak penawaran beasiswa dan bantuan finansial juga
      ada.

      Like

  16. bulan juli nanti saya naik kelas 3 sma, saya mau tanya untuk beasiswa ke jerman s1 ada? kalau boleh tau dari pemerintah indonesia atau jerman yang memberikan beasiswa tersebut apa saja? lalu untuk bahasa apa harus mendapat setifikat hingga C1? biasanya beasiswanya dalam bentuk full biaya hidup atau hanya biaya pendidikan saja? terima kasih atas jawabannya..

    Like

    • ini pertanyaan yang kesekian kali seputar beasiswa untuk mahasiswa S1. Terus terang kalau beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa didaftar dari Indonesia jarang sekali. Kebanyakan yang saya tahu kenalan yang dapat beasiswa S1 itu karena dia sudah berada lebih dahulu. Jadi kalau sudah sampai di Jerman baru ada…

      Like

  17. Bang, kalo status perguruan tinggi itu ngaruh gak sih untuk dapet beasiswa ? Contohnya kalo S1 nya di PTS, peluang dapet beasiswanya sama gak sama S1 yang di PTN ?

    Terimakasih..

    Like

    • Setahu saya Peluangnya tetap sama. Yang penting Universitas kamu terakreditasi… Oiuya mungkin akreditasi jurusan dan universitas kamu juga berpengaruh tapi bukan penentu sih…

      Like

  18. bang persiapan apa aja bang untuk kuliah di luar negri? soalnya saya baru lulus sekolah kira kira ada ga untuk progrm s1?

    Like

  19. assalamu’alaikum ! saya masih maba prodi ilmu komunikasi. kalau ingin melanjutkan studi ke jerman dan dapet besiswa dari bidang ilmu saya apa ada ???
    mohon bantuannya

    Like

  20. Halo bang. saya seorang mahasiswa di Mathematics education di universitas biasa. saya ingin melanjut di Jermanapa saya bisa melanjutkan S2 di Jerman 3 tahun lagi walau dari universitas biasa? Terimakasih

    Like

    • ya pasti bisa, kenapa ga? Cek Universitas kamu di anabin. Bisa cari kata kunci “anabin” di mesin pencari blog kami…

      Like

  21. Halo min, terimah kasih bgt ni sebelum’a blognya bermanfaat bgt, gw masih masiswa pts di indo semeter 3, planing gw si s2 lanjut ksana hehe, ad banyak yg ingin gw tanyain the first. Apakah jebolan s1 PTS bisa lanjut study to german, setau gw kebanyakan mahasiswa indonesia bisa lanjut study kejerman itu jebolan PTN min. 2.apakah pengalaman kerja selama 1 thn bisa jdy rekomendasi sedangkan yg tercantumkan 2 thn minimal kerja. 3. gw ikut les di LIA apakah sertifikat LIA high intermediate perlu dicantumkan dan TOELF. 4. Apakah ad beasiswa full untuk kls internasional in germany. 5. Apakah IPK berpengaruh diterima’a atau tidak dsna. Thanks a lot.

    Like

    • “Apakah jebolan s1 PTS bisa lanjut study to german, setau gw kebanyakan mahasiswa indonesia bisa lanjut study kejerman itu jebolan PTN min”

      bisa bgt. Kenapa ga….

      “apakah pengalaman kerja selama 1 thn bisa jdy rekomendasi sedangkan yg tercantumkan 2 thn minimal kerja”
      Ya kalau beasiswa emang minimal 2 tahun kerja. Sesuai syaratnya…

      “gw ikut les di LIA apakah sertifikat LIA high intermediate perlu dicantumkan dan TOELF”
      TOEFL pun setidaknya km pake yang IBT atau IELTS. DUa2nya diakui internasional. TOEFL Paper base test sudah tidak diakuin lagi…

      “Apakah ad beasiswa full untuk kls internasional in germany”
      maksudnya kelas internasional? Kuliah berbahasa Inggris banyak tapi tidak sebanyak kuliah berbahasa Jerman…

      “Apakah IPK berpengaruh diterima’a atau tidak dsna”
      Ya, makin tinggi IPK kamu makin besar skor kamu di antara kandidat lain…

      Like

  22. Mau tanya donk. Di persyaratan beasiswa DAAD untuk S2 ada disebutkan bahwa waktu kelulusan S1 maksimal 6 tahun yang lalu. Saya berminat apply tapi saya udah lulus 7 tahun yang lalu dan sudah dengan pengalaman kerja kurang lebih 7 tahun. Apakah persyaratan ini syarat mutlak? Apakah kalau saya nekat apply kemungkinan akan langsung ditolak?

    Makasih sebelumnya. Btw blognya bagus dan berguna banget. Good Job untuk mas Wahid :)

    Like

    • Tetap daftar,, terkadang syarat yang tertera tidak berlaku kalau di tahun itu pendaftar berkualitas sedikit. Faktor keberuntungan itu perannya juga ada dalam pendaftaran beasiswa…

      Like

  23. Hallo, mau tanya dong masbro2 sekalian…
    Kira2 peluang kelulusan Aufnahmeprüfung utk Dsh Vorbereitungskurs yg nantinya mau lanjut S2, bukan S1
    , seberapa besar ya?
    Mohon dijawab yaa..
    Vielen lieben Dank! :-)

    Like

    • maksudnya buat Placement test ya? Kalau DSH Vorbereitung ga Aufnahmeprufung… Itu cuma buat Studkol…
      kalau placement test ya tergantung persiapan kamu sih, sebera siap kamu untuk menghadapi testnya, kemungkinan ga lolos sih kecil tapi mungkin kamu terlempar ke level yang lebih rendah…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s