Biaya Hidup

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk bertahan hidup di Jerman?

Sekitar 500 Euro-an per bulannya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa cek link di bawah ini:

http://jermandes.wordpress.com/2013/01/30/tips-menjaga-kesehatan-kantong-di-jerman-ala-yoka/

Berapa biaya bulanan yang dibutuhkan saat kita Studienkolleg/Kuliah?

Pada dasarnya sama seperti biaya hidup per bulan di atas, tapi dilakukan beberapa penyesuaian seperti:

  1. Tidak diperhitungkan biaya transportasi, karena biasanya biaya semesteran kita sudah termasuk ke dalam semester ticket (kecuali untuk daerah bayern), di mana kita bebas untuk menaiki transportasi satu negara bagian.
    -> Total anggaran dikurangi sekitar 35-60 euro, tergantung oleh tiket yang biasanya kita beli.
  2. Biaya asuransi naik menjadi sebesar 70an euro, karena harus menggunakan asuransi yang bersifat Staatlich (AOK, TK, atau sejenisnya).
    -> Total anggaran ditambah sekitar 40 euro.
  3. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan bayaran semester kita. Bayaran semester ini biasanya akan memiliki besaran sekitar 200 euro per semesternya (tergantung banget sama kampus kita).
    -> Total anggaran ditambah sekitar 50 euro per bulan.

Jadi kurang lebih akan sama aja seperti saat kita belum menjadi student (sekitar 500 euroan).. :)

Bagian mana yang paling besar menghabiskan uang di dalam struktur biaya hidup di Jerman?

Urutan 3 besarnya kurang lebih akan seperti ini:

  1. Tempat tinggal (300 euro-an)
    Tempat tinggal ini akan memakan biaya yang paling besar dibandingkan dengan biaya lainnya yang harus kita keluarkan. Cara ngakalinnya gimana? Coba kamu cari tempat tinggal yang berkonsep WG dengan orang yang banyak (berbagi WC, dan dapur), atau tinggal di STW (asrama mahasiswa milik kampus). Biasanya akan jauh lebih murah daripada kita tinggal di tempat yang tiap orang memiliki WC, dan dapur masing-masing. :)
  2. Makan (100 euro-an)
    Makan ini sebenernya tergantung banget sama orangnya. Kalau kamu hobi makan di luar, dan males masak, bisa dipastikan biaya ini akan membengkak gila-gilaan. Tapi dengan asumsi kamu masak sendiri (dan full gizi), maka biaya yang dibutuhkan akan berkisar 100 euro per bulan. Bisa sih lebih rendah lagi, tapi mungkin gak semua orang bisa melakukan itu. Dan 100 euro ini menurut kami adalah angka yang aman, tapi gak berlebihan. :)
  3. Asuransi (70 euro-an)
    Yang memakan biaya terbesar adalah asuransi. Emang mahal sih, tapi paling nggak kamu gak perlu mikirin apa-apa lagi kalau kamu sakit. Sempat ada kejadian di sini ada mahasiswa yang sakit parah, dan menghabiskan dana sampai lebih dari 400 juta. Tapi karena semua mahasiswa wajib asuransi di sini, dia tidak mengeluarkan biaya apa pun lagi kecuali biaya bulanan dari premi asuransi. :)

Apakah saya bisa menutupi kebutuhan hidup bulanan saya dari bekerja sambilan di Jerman?

Bisa!!! Dan sudah banyak teman kami yang berhasil melakukannya. Kuncinya itu ada 3:

  1. Kemampuan bahasa Jerman yang cukup
  2. Tidak pilih-pilih kerjaan, dan
  3. Hidup hemat

:D

Lebih mahal hidup di mana? Kota A atau Kota B?

Silakan check di sini:

http://jermandes.wordpress.com/2013/11/14/mengecek-perkiraan-biaya-hidup-bulanan-per-kota/

2 responses to “Biaya Hidup

  1. hello mas, sy udah baca artikel sebelah.
    kira2 untuk 5 tahun kedepan, bulanan di german masi 650€ atau bisa lebih ya? (kita hemat) :)

    Like

    • wah relatif nih… tergantung kota kamu tinggal. Yang jelas kota besar kecuali Berlin biaya hidup masih terggolong tinggi…Itu rata-rata ya, ga berlaku buat di Munich, hamburg, frankfurt, stuttgart, dll

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s